Indonesia Beri Kontribusi Nyata pada Palestina

Jakarta, MINA – Direktur Jenderal Timur Tengah Kementerin Luar Negeri RI, Sunarko, dalam sebuah pernyataan tertulisnya mengatakan, Indonesia konsisten dalam memberikan dukungan nyata kepada .

Hal ini disampaikan pada acara peringatan Hari Tanah Palestina sekaligus Peringatan Isra’ Mi’raj di Kedutaan Palestina di Jakarta, Kamis (4/4).

“Indonesia akan tetap konsisten memberi dukungan nyata pada Palestina, baik dari sisi pemerintahan maupun rakyat Indonesia,” ujarnya seperti yang disampaikan oleh Nurul Aulia pada acara tersebut.

Dukungan nyata tersebut di antaranya, kunjungan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi ke kamp Palestina di Yordania pada awal Maret lalu, dukungan Indonesia untuk keanggotaan Palestina di PBB melalui Dewan Keamanan (UNSC) dan berbagai macam bantuan dari rakyat Indonesia, baik berupa dukungan finansial maupun non-finansial.

Berdasarkan komitmen pemerintah dan rakyat Indonesia seperti tertuang dalam UUD 1945, Indonesia akan selalu memperjuangkan hak-hak warga Palestina dan tentunya bagi kemerdekaan Palestina.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan kementerian Luar Negeri RI, beberapa duta besar negara sahabat, Jama’ah Muslimin (Hizbullah), ormas Islam seperti MUI, Aqsa Working Group (AWG), Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan beberapa ormas lainnya.

Hari Tanah Palestina yang bertepatan setahun aksi protes Great March of Return merupakan bentuk ungkapan untuk tanah air Palestina dan bentuk penolakan atas segala bentuk politik Israel, yang senantiasa berusaha mencerai beraikan rakyat Palestina dan menghancurkan persepsi sebagai warga negara.

Hari Tanah dirayakan di seluruh dunia, khususnya rakyat Palestina yang merayakannya setiap tanggal 30 Maret, di mana hal ini bermula pada tahun 1976. (L/hb/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.