Indonesia Juara Umum ASEAN-ICTA 2019

Foto: Kominfo

Hanoi, MINA – Indonesia berhasil meraih juara umum dalam ajang (AICTA) 2019  yang diadakan di Hanoi, Vietnam, dengan memperoleh dua medali emas dan satu medali perunggu.

merupakan ajang kompetisi karya dan produk ICT atau TIK ( Informasi dan Komunikasi) yang diikuti seluruh negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

“Tahun 2019 ini menjadi pencapaian terbaik Tim ASEAN ICT Award atau AICTA Indonesia selama delapan kali keikutsertaannya berturut-turut,” kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan yang diterima MINA, Jumat (25/10).

Ia mengatakan, kategori yang dimenangkan dalam ajang ini antara lain Research and Development, Corporate Social Responsible dan Private Sector.

“Hal ini menunjukkan bahwa kualitas SDM TIK Indonesia kian hari semakin diperhitungkan di kawasan ASEAN,” katanya.

Emas pertama diraih oleh kategori Private Sector tim RiTx Bertani, sedangkan emas kedua diraih dari kategori Research and Development dimenangkan tim ATM Sehat.

Sedangkan medali perunggu diraih dari kategori Corporate Social Responsible oleh tim Darah Kita.

Melalui akumulasi perolehan medali tersebut, Indonesia sekaligus dinobatkan sebagai negara dengan perolehan emas terbanyak dibandingkan negara lainnya seperti Laos, Singapore, Vietnam dan Thailand yang hanya berhasil mengumpulkan masing-masing satu emas.

Ajang AICTA atau ASEAN ICT Award adalah Ajang kompetisi Karya TIK tertinggi di tingkat ASEAN mempertemukan 6 Kategori Kelompok, yaitu Public Sector, Private Sector, Digital Content, Startup, Research and Development dan Corporate Social Responsibility. (R/Ais/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.