Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia F1Powerboat 2023

(Doc. Kemenpora)

Jakarta, MINA – Indonesia resmi menjadi tuan rumah 2023. Rencananya ajang balap ini akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari mendatang.

F1Powerboat merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H2O. Kejuaraan ini merupakan kelas tertinggi dalam perlombaan Powerboat yang juga menyandang nama F1 seperti layaknya lomba balap mobil. Demikian keterangan tertulis, Rabu (11/1).

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali selaku ketua panitia penyelenggara ajang balap perahu super cepat F1Powerboat ini juga menyampaikan persiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah siap.

“Persiapan dari tuan rumah khususnya Sumatera Utara lebih khusus lagi daerah sekitar Danau Toba sudah berjalan dan sudah siap, saya sebagai ketua panitia hanya mengkoordinasikan saja apa yang akan dilakukan oleh kementerian/lembaga,” ujarnya.

“Saya akan rapat langsung di lokasi secepatnya, sehingga kita bisa tahu mana tempat-tempat yang menjadi venue utama, tempat penonton, tempat penginapan akan kita koordinasikan walaupun sebenarnya itu sudah jalan,” ucap Menpora.

Ia mengatakan, F1Powerboat ini adalah olahraga baru bagi kita dan kebetulan juga mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dari federasi internasionalnya.

“Semoga pelaksanaan ini bisa menjadi triger bangkitnya animo dari para pembalap-pembalap F1Powerboat kita,” katanya.

Selain itu, Menpora juga berharap, usai Indonesia menjadi tuan rumah ajang F1Powerboat akan menjadi pemicu bangkitnya atlet-atlet balap olahraga air Indonesia.

“Mudah-mudahan setelah kita menjadi tuan rumah ini kita bisa memunculkan atlet-atlet kita. Dan ini informasinya yang akan turun adalah pembalap top F1Powerboat dunia,” katanya. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)