Indonesia Lolos ke Piala Asia U-16 2020

Pelatih Timnas U-16 di angkat oleh para pemain dan official setelah menahan imbang China (0-0) di Stadion GBK Jakarta (foto:dok/PSSI)

Jakarta, MINA – Tim Nasional Indonesia Usia 16 (Timnas U-16) berhasil melangkah ke di tahun 2020 mendatang.

Indonesia berhak melaju ke kejuaraan paling bergengsi di Asia tersebut dengan menjadi salah satu dari empat runner-up terbaik yang lolos untuk menemani 11 tim juara grup dan tuan rumah.

Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

“Kita akan evaluasi semuanya. Yang pasti kita tidak boleh santai untuk menghadapi putaran final (Piala Asia U-16),” kata Bima Sakti, seperti dikutip dari Website PSSI.org.

Indonesia berstatus runner-up penyisihan Grup G setelah di pertandingan terakhir bermain imbang dengan Timnas U-16 China pada Ahad (22/) malam di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

China dan Indonesia sama-sama mendulang 10 poin dari tiga hasil kemenangan dan satu kali imbang. Namun, China memuncaki klasemen grup G dengan selisih dua gol lebih baik.

Sebelumnya, tiga kemenangan telah dibukukan ketika melawan Filipina (4-0), Mariana Utara (15-1), dan Brunei Darussalam (8-0).

Babak penyisihan grup Piala AFC U16 telah menyelesaikan seluruh pertandingannya pada Senin (23/9) dini hari.

Tim-tim yang lolos dengan status juara grup yakni; Tajikistan (grup A), India (grup B), Iran (C), Arab Saudi (grup D), Qatar (grup E), Uni Emirate Arab (grup F), China (grup G), Australia (grup H), Korea Utara (grup I), Jepang (grup J), dan Korea Selatan (grup K).

Adapun tim runner-up terbaik; Indonesia (grup G), Yaman (grup E), Uzbekistan (grub B), dan Oman (grup D), sedangkan Bahrain lolos dengan status sebagai tuan rumah.

Piala Asia U-16 akan digelar pada 16 September-3 Oktober 2020 di Bahrain. (T/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.