Indonesia Persiapkan Diri Ikut Ekspo Dunia 2020 di Dubai

Tangerang, MINA – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia telah memastikan komitmennya untuk berpartisipasi, sebagai salah satu dari 180 negara peserta, dalam ajang yang akan digelar di pada 2020.

Ekspo Dunia yang bertema ”Connecting Minds, Creating the Future (Menghubungkan Pikiran, Menciptakan Masa Depan)” itu akan digelar selama enam bulan, yaitu mulai 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021.

Untuk mempersiapkan kehadiran di ajang Ekspo Dunia di ibukota Uni Emirat Arab (UAE) itu, Kemendag RI meluncurkan program khusus “Road to Dubai” dalam ajang pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 di ICE-BSD Tangerang, Kamis (25/10).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI Arlinda menjelaskan, program ini bertujuan untuk menyeleksi berbagai kerjasama inovatif kelas dunia antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat.

“Kerjasama itu dilakukan dengan model kemitraan Public-Private Partnership (Kerjasama Pemerintah dengan Swasta/KPS), yang akan menunjukkan bagaimana Indonesia akan bentransformasi menuju Indonesia Emas 2045,” kata Arlinda saat Peluncuran “Road to Dubai”.

Dia mengatakan, berbagai inisiatif berbasis inovasi, teknologi dan sumber daya manusia yang telah maupun akan diwujudkan, untuk mendorong kemajuan dan meningkatkan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan, akan mulai diseleksi sejak sekarang hingga nantinya siap ditampilkan di Pavilion lndonesia di ekspo dunia Dubai 2020.

Nation branding di Pavilion Indonesia akan mempromosikan peluang investasi, bisnis dan kerjasama di berbagai bidang seperti perdagangan, industri, edukasi, e-commerce, perkebunan, teknologi, telekomunikasi, Iingkungan, pariwisata dan budaya. Indonesia siap menjawab tantangan dunia di perhelatan akbar expo dunia 2020 di Dubai,” ujar Arlinda.

Duta Besar Indonesia untuk Abu Dhabi Husein Bagis merasa optimis Pavilion Indonesia akan dapat mempromosikan peluang emas berinvestasi, berbisnis maupun berwisata ke Indonesia, kepada pengunjung ekspo yang datang dari berbagai negara di dunia.

”Partisipasi dalam ekspo dunia, yang diselenggarakan sekali lima tahun, merupakan Iangkah penting bagi Indonesia untuk menunjukkan peran dan potensinya di pasar global, sebagai bagian dari perjalanan menuju Indonesia Emas 2045,” kata Dubes Husein.

Pavilion Indonesia dirancang akan mengambil luas Iahan sebesar 1.860 meter persegi di Dubai Trade Center Jabal Ali, yang akan mengangkat sub tema Opportunity (Kesempatan) yang merupakan satu dari tiga sub tema yang ada: Sustainability (Keberlanjutan), Opportunity, dan Mobility (Mobilitas).

Pendanaan pembangunan dan penyelenggaraan Pavilion Indonesia selama Ekspo Dunia 2020 Dubai berlangsung akan didukung oleh sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Swasta. Arlinda menyatakan, dibutuhkan dana sekitar Rp400 miliar untuk membangun Paviliun Indonesia tersebut.

”Kami membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam Pavilion Indonesia melalui berbagai paket kerjasama sponsor yang menguntungkan kedua belah pihak,” jelas Arlinda.

“Road to Dubai”

Untuk persiapan dan pelaksanaan program “Road to Dubai” hingga kehadiran Pavilion Indonesia di Expo 2020 Dubai, Kemendag RI telah menunjuk Samudra Dyan Praga sebagai pihak penyelenggara.

Hariman Zagloel, Presiden Direktur Samudra Dyan Praga, menyatakan, dalam dua tahun ke depan, program “Road to Dubai” akan melalui proses seleksi, kurasi dan inkubasi.

“Program ini dilakukan oleh tim khusus yang beranggotakan para pakar di berbagai bidang, akademisi, organisasi kemasyarakatan, perwakilan sponsor, dan pemerintah, untuk memilih program-program inovatif kelas dunia yang Iayak ditampilkan di Pavilion Indonesia,” imbuhnya.

Program “Road to Dubai” terbuka bagi dan dapat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat maupun organisasi yang melalui kemitraan Public-Private Partnership sedang merintis. Kemitraan ini baik dalam proses mengembangkan maupun telah menerapkan program-program kemitraan berbasis inovasi, teknologi dan sumber daya masyarakat di berbagai bidang di seluruh Indonesia.

Acara Peluncuran “Road to Dubai” juga dihadiri Konsul Jenderal (Konjen) RI untuk Dubai Ridwan Hasan dan Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas.

Pongki berharap kegiatan ini dapat memacu kinerja ekspor nasional pada tahun ini, sekaligus membuka peluang diversifikasi pasar ekspor.

Konjen RI, menegaskan, Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat berkompetisi di berbagai sektor di kancah internasional.

Menurutnya, tahun 2045 akan menandai 100 tahun bangsa Indonesia merdeka dan membangun, di mana Indonesia akan masuk sebagai negara besar yang diperhitungkan dunia.

“Hal ini akan tercapai dengan modal kekayaan alam, keanekaragaman hayati, jumlah penduduk dengan keragaman budaya, serta perkembangan politik dan demokrasi yang semakin matang dan kondusif,” tambahnya.
(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.