INDONESIA RAIH MEDALI EMAS DI OLIMPIADE GEOGRAFI INTERNASIONAL 2015

Kemlu
Kemlu

Jakarta, 11 Dzulqa’dah 1436/26 Agustus 2015 (MINA) –  memperoleh satu dan dua perunggu di () ke-12, yang diikuti ratusan peserta kompetisi dari 41 negara di Tver Oblast dan Moskow, Rusia. Medali emas berhasil diraih Andito Jeremia Adhyatma dari SMA 8 Jakarta.

Selain medali emas, Indonesia juga berhasil memperoleh dua perunggu yang diraih Asri Hadiyanti Giastuti dari SMAN 1 Bogor serta Melinda Gularso SMAK 7 Penabur. Mereka tiba di tanah air pada Selasa (25/8) sore, di bandara internasional Soekarno-Hatta, Banten. Kementerian Dinas dan Kebudayaan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Tim Olimpiade Geografi Indonesia dibimbing tim dosen dari perguruan tinggi di Indonesia, Samsul Bachri dari ITB dan Junun Sartohadi dari UGM.

Selain itu, Tim Olimpiade Geografi Indonesia juga didampingi observer atau pengamat dari Badan Informasi Geospasial, Titiek Suparwati, Wiwin Ambarwulan dan dan Sri Lestari Munajati.

Keberhasilan tim Indonesia tidak lepas dari bantuan dan dukungan Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Fakultas Geografi UGM dan Badan Informasi Geospasial (BIG), dan KBRI di Moskow.

Samsul Bachri mengatakan, Indonesia direncanakan menjadi tuan rumah IGEO 2017 yang akan diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dukungan dari Badan Informasi Geospasial dan beberapa universitas di antaranya ITB, UGM, UPI dan UI.

Olimpiade Geografi Internasional 2015 diselenggarakan oleh International Geography Union (IGU) dan dilaksanakan oleh Olympiad Task Force di bawah Kementerian Pendidikan dan Sains Federasi Rusia bekerja sama dengan Geographical Society Rusia dan Tver State University serta Lomonosov Moscow State University.

Kompetisi geografi tahunan dunia ini diperuntukkan bagi pemuda berusia 16 sampai 19 tahun, yang berhasil terpilih dari ribuan siswa. (T/P006/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0