Indonesia Tekankan Pentingnya Toleransi dalam Pertemuan Menlu ASEAN-India

Foto: Twitter Menlu RI

New Delhi, MINA – Pada Pertemuan Khusus Menteri-Menteri  Luar Negeri (Menlu) , Retno Marsudi menggarisbawahi pentingnya toleransi dalam masyarakat multikultural saat ini.

“Pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN – India Khusus #SAIFMM di New Delhi, Kamis (16/06) menggarisbawahi pentingnya toleransi dalam masyarakat multikultural saat ini,” tulis Menlu RI dalam akun Twitternya.

Selain itu, menanggapi dinamika global dan dampaknya terhadap kawasan, ASEANI-India mengusulkan untuk menjalin kerja sama yang lebih kuat di bidang kesehatan, ketahanan pangan, serta perdamaian dan stabilitas regional.

New Delhi, India menjadi tuan rumah Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-India (SAIFMM) pada 16-17 Juni 2022. Pertemuan ini juga untuk memperingati 30 tahun Hubungan Dialog ASEAN-India.

Sebagai pengakuan atas tonggak sejarah ini, tahun 2022 diperingati sebagai Tahun Persahabatan ASEAN-India sebagaimana diumumkan oleh para pemimpin ASEAN dan India pada KTT ASEAN-India ke-18 pada Oktober 2021.

SAIFMM diketuai oleh Dr. S. Jaishankar, Menteri Luar Negeri India dan Dr. Vivian Balakrishnan, Menteri Luar Negeri Republik Singapura. Pertemuan juga dihadiri oleh Menlu Brunei, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Vietnam dan perwakilan Menlu dari Laos, Filipina, dan Thailand beserta Sekjen ASEAN.

Para Menlu ASEAN dan Sekjen ASEAN juga mengunjungi Perdana Menteri, Shri Narendra Modi.

Dalam kunjungan tersebut disampaikan pidato Delhi Dialogue edisi ke-12 yang berfokus pada 30 tahun hubungan ASEAN-India dengaan tema ‘Membangun Jembatan di Indo-Pasifik’.
(T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.