Influencer Punya Peran Penting Promosikan Film Mendidik

Bandar Lampung, MINA – Sekretaris Komisi I, Bidang Penyensoran dan Bidang Dialog, Ni Luh Putu Elly Prapti Erawati, mengatakan,  influencer berperan penting terhadap promosi film yang mendidik di kalangan masyarakat.

Influencer adalah orang yang memiliki pengaruh kuat terhadap masyarakat seperti penulis, aktivis, artis dan lain sebagainya.

Menurutnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih konten film yang bermutu. Bermutu dalam artian mampu memberi inspirasi membentuk pribadi yang lebih baik.

“Menonton itu kebutuhan atau keinginan. Kalau kebutuhan tentu kita harus mempertimbangkan unsur-unsur yang menjadikan diri lebih baik,” ujar Ni Luh saat talk show dengan tema “Budaya Sensor Mandiri, Bijak Membentuk Generasi” di Bandar Lampung, Rabu (11/10).

Dia mengatakan, inilah yang perlu digaungkan sehingga masyarakat mulai bisa menggeser minatnya kepada film-film yang lebih baik.

Lebih lanjut Ni Luh menjelaskan yang kedua yakni memilah film sesuai dengan klasifikasinya. Anak-anak dipertontonkan film yang sesuai untuk anak-anak. Sehingga perlu pendampingan untuk penonton muda.

Hal yang harus dilakukan selanjutnya menurut dia adalah, aktif dan befikir kritis terhadap film yang ditonton. Tidak hanya menikmati film tetapi juga berfikir kritis dan menganalisis maksud dan tujuan yang terkandung dalam film tersebut.

Sebagaimana film-film yang diproduksi Amerika Serikat yang sering menjadi alat soft-diplomasi negaranya.

Selanjutnya adalah mengecek apakah film tersebut memiliki surat tanda lulus, lihat genre film, cek sumber dan cek sinopsis.

Dia menegaskan, Lembaga Sensor Film sebenarnya tidak hanya mengedukasi masyarakat sebagai konsumen film-film di Indonesia.

“Produsen juga kita edukasi, kita motivasi bagaimana bisa membuat film yang tidak hanya menghibur tapi juga mengandung unsur mendidik, sehingga masyarakat bisa teredukasi menjadi lebih baik,” katanya. (L/ism/B01/R01).

Mi’raj News Agency (MINA)