Inggris Buka Pendaftaran Beasiswa Bergengsi Untuk Mahasiswa Indonesia

London, 6 Dzulqa’dah 1437/9 Agustus 2016 (MINA) – Pemerintah Inggris membuka pendaftaran 2017/2018 untuk master degree sejak Senin 8 Agustus hingga 8 November mendatang. Indonesia bisa mengunjungi situs www.chevening.org/apply untuk mendaftar.

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia Juliet Maric mengatakan, Inggris adalah tempat dari banyak universitas terbaik di dunia, dan Chevening memungkinkan anda untuk mengembangkan akademis, profesionalitas, dan kepribadian selama belajar di Inggris.

“Mereka yang terpilih untuk Beasiswa Chevening diakui sebagai pemimpin perubahan dunia. Mereka diberdayakan dengan rasa yang kuat kebanggaan dan tanggung jawab,” ujar Juiet dari keterangan tertulis yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA). Selasa (9/8).

Ia menambahkan, mahasiswa terpilih dari Indonesia datang ke Inggris akan membawa karakter terbaik dan bisa berbagi pengalaman kepada setiap orang yang bertemu di Inggris, dan Inggris juga memberikan yang terbaik untuk mahasiswa Indonesia dan kembali ke tanah air dengan segudang ilmu dan pengalaman.

“Peran beasiswa Chevening penting dalam membangun jembatan antara negara-negara,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Fuadi, alumni beasiswa Chevening tahun 2004/2005 yang juga pernah menuntut ilmu di Pesantren Gontor mengatakan, belajar di Inggris adalah impiannya sejak lama, apalagi sejak ia mendengar cerita gurunya yang pernah menimba ilmu di Inggris membuat ia semakin berkeiinginan untuk belajar disana.

“Pada awalnya, saya termotivasi untuk melihat monumen bersejarah seperti Big Ben dan London Bridge, tapi ketika saya tiba di Inggris saya menemukan bahwa di luar monumen sejarah ini antara lain budaya akademik yang kuat, apresiasi keberagaman kultur , dan semangat kesukarelaan dan kedermawanan,” ujar Ahmad.

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa global pemerintah Inggris yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan beberapa organisasi mitra lainnya. Chevening dimulai pada tahun 1983 dan telah berkembang menjadi sebuah skema penghargaan internasional bergengsi. Beasiswa Chevening diikuti lebih dari 160 negara dan lebih dari 1.500 beasiswa diberikan di 2016/2017.

Ada lebih dari 46.000 alumni beasiswa Chevening yang memberikan pengaruh di seluruh dunia. Nama ‘Chevening’ berasal dari nama rumah Chevening di Sevenoaks, Kent, Inggris, dan saat ini menjadi kediaman dinas resmi Menteri Luar Negeri Inggris. (T/M09/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.