Inggris Hentikan Pendanaan untuk Oposisi Suriah

Milisi Suriah. (Foto: dok. Nahar Net)

London, MINA – InggrisSenin (4/12)  menangguhkan skema bantuan luar negeri senilai jutaan dolar yang diduga untuk mendanai kelompok oposisi di Suriah.

Sebuah program penggalangan dana bernama Proyek Keadilan dan Keamanan Masyarakat yang dijalankan oleh kontraktor Adam Smith International, ditayangkan oleh acara Panorama BBC pada hari Senin yang berjudul “Jihadis yang Anda Bayar”.

“Kementerian  Luar Negeri telah menangguhkan program ini di saat kami menyelidiki tuduhan ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri . Demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip MINA.

Juru bicara menambahkan bahwa pekerjaan semacam itu tetap penting untuk melindungi keamanan nasional.

“Kami mengmbil tuduhan kerja sama dengan kelompok teroris dan pelanggaran hak asasi manusia yang sangat serius,” katanya.

Skema yang dicurigai itu didanai oleh Inggris dan lima negara lainnya.

Dananya dilaporkan telah berjalan sejak tahun 2014 dengan tujuan membangun sebuah pasukan Polisi Suriah Merdeka bagi warga sipil di bagian-bagian yang dipegang oleh oposisi di Suriah.

Seorang juru bicara Adam Smith International mengatakan kepada BBC bahwa pihaknya sangat membantah tuduhan acara Panorama.

“Kami telah mengelola uang pembayaran pajak secara efektif untuk menghadapi terorisme, membawa keamanan ke masyarakat Suriah dan mengurangi risiko operasi di zona perang,” kata juru bicara tersebut. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.