Intimidasi Lorde Paska Pembatalan Konser Di Israel (Oleh: Shafik Mandhai, Aljazeera)

Lorde artis Selandia Baru (Dok Alamy)

Oleh: Shafik Mandhai, Produser Senior Al-Jazeera

Sebuah kampanye yang menyerang penyanyi Lorde asal Selandia baru karena menarik diri dari sebuah konser yang akan digelar di kota Israel Tel Aviv telah dikecam oleh aktivis pro-Palestina dan yang lainnya di Twitter, sebagai intimidasi.

Penyanyi berusia 21 tahun peraih Grammy Award itu mengambil keputusan setelah dua pendukung gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi () menerbitkan sebuah surat terbuka yang mendesaknya untuk tidak tampil di negara bagian tersebut karena akan dianggap memberi dukungan kepada kebijakan pemerintah Israel melawan orang-orang Palestina.

Penyanyi asal Selandia Baru ini kemudian mengumumkan pengunduran dirinya dari konser dan menjadi bahan kritik keras oleh para pendukung Israel sejak saat itu.

Menteri Kebudayaan Israel Miri Regev mengatakan, dia berharap Lorde mengubah keputusannya. Sementara, duta besar Israel untuk Selandia Baru, Itzhak Gerberg, mengundangnya untuk mendiskusikan masalah ini secara pribadi.

Diintimidasi dan Keberanian Lorde

Pada Malam Tahun Baru, Lorde menjadi subyek iklan satu halaman penuh yang dikeluarkan oleh sebuah kelompok advokasi pro-Israel di surat kabar Washington Post, yang menuduhnya sebagai orang fanatik yang memilih menyesuaikan diri dengan mereka yang berkomitmen menghancurkan Israel.

Iklan tersebut secara luas dikecam karena nada suaranya, yang banyak ditafsirkan sebagai intimidasi.

Di akun Twitter wartawan musik Eric Boehlert menggambarkan iklan tersebut menyedihkan. Ia mengatakan, “Lorde tidak harus tampil di manapun yang ia kehendaki, tuduhan adalah upaya buruk untuk melakukan intimidasi.”

Justine Sachs, seorang Yahudi Selandia Baru, yang turut menulis surat itu kepada Lorde, mengatakan kepada Al Jazeera, dia sangat gembira dan terkejut ketika mengetahui bahwa artis tersebut telah mendengarkan permintaannya untuk tidak bermain di Israel.

Mahasiswa pascasarjana berusia 23 tahun ini mengatakan, dia dan Nadia Abu-Shanab, aktivis Palestina yang juga menulis surat, keduanya adalah penggemar Lorde namun tidak yakin apakah dia akan menarik diri dari pertunjukan karena kemungkinan kewajiban kontrak.

“Kami tahu dia menjadi orang yang sadar dan peduli dengan keadilan sosial, jadi kami pikir dia akan bersimpati,” katanya.

“Kami tidak yakin apakah dia bisa membatalkan pertunjukan, meski dia menginginkannya. Fakta bahwa dia membatalkan semua ini adalah bukti keberaniannya, dan saya memiliki lebih banyak rasa hormat daripada yang telah saya miliki untuk Lorde,” ujar Sachs.

Gerakan BDS

Menurut Sachs, keputusan Lorde memiliki lebih dari sekedar kepentingan pribadi dan harus dilihat sebagai tonggak utama bagi gerakan BDS.

Gerakan BDS dimulai pada 2005, setelah ada seruan yang dikeluarkan oleh kelompok masyarakat sipil Palestina untuk orang-orang yang berhati nurani di seluruh dunia membantu mengakhiri pelanggaran Israel terhadap orang  Palestina, dengan memotong hubungan budaya, akademik, dan ekonomi dengan negara.

Dengan kemunculan media sosial dalam beberapa tahun terakhir, gerakan ini mendapat daya tarik dan popularitas di kalangan pendukung perjuangan Palestina.

Keberhasilannya sudah cukup untuk mendapatkan kemarahan pejabat senior Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang berusaha melarang organisasi yang ingin mempromosikan BDS di Israel.

Boikot Budaya Israel Sedang Berjalan

Menurut Profesor Ilan Pappe dari Universitas Exeter, reaksi seperti keputusan Lorde adalah indikasi bahwa boikot budaya sedang berjalan.

“Lorde tidak memiliki latar belakang politik, tidak ada track record sebagai aktivis,” katanya. “Itu adalah reaksi murni seorang wanita muda yang teliti, dan kesopanan dasar telah membawanya ke tindakannya”.

“Tidak ada yang bisa dilakukan Israel terhadapnya, dan ini membuat mereka marah,” ujarnya.

“Inilah sebabnya mengapa reaksi Anda tidak proporsional,” ujarnya.

Itu adalah pendapat yang dimiliki oleh Sachs, yang mengatakan bahwa keputusan Lorde adalah “kemenangan besar bagi gerakan BDS, mungkin kemenangan terbesar sekalipun.

“Ini adalah titik balik yang sangat besar, dan menunjukkan bahwa sepanjang waktu, usaha dan uang dimasukkan ke dalam delegitimasi BDS karena anti-Semit atau ekstrim tidak berjalan,” katanya,

Ia menambahkan, “Orang-orang mulai menyadari bahwa BDS adalah strategi non-kekerasan yang sah dan esensial untuk membantu mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia dan pendudukan Israel. ”

Melihat reaksi oleh aktivis pro-Israel, Sachs mengatakan, pembatalan Lorde adalah bukti bahwa orang muda, termasuk orang-orang Yahudi, tidak lagi buta dengan penindasan Israel terhadap orang Palestina..

“Ini sangat menakutkan bagi Zionis.” (AT/R05/RS2)

(Sumber: Al-Jazeera)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.