Iran-Irak Mulai Skema Pertukaran Minyak Strategis

Teheran, MINA – Pemerintah mengatakan telah mulai menukar minyak mentah dengan melalui proyek strategis yang diyakini akan membuka rute baru bagi Baghdad untuk mengekspor minyaknya.

Kementerian Perminyakan Iran mengumumkan pada Ahad (3/6), kapal tanker yang mengangkut minyak dari kota Kirkuk, Irak utara, telah melintasi perbatasan Iran dan sudah mengirim minyak ke penampungan di Provinsi Ilam di barat Iran.

Kementerian tidak mengungkapkan volume minyak Kirkuk yang saat ini sedang ditransfer ke Iran, tetapi mengatakan bahwa kesepakatan bersama itu diperkirakan berkapasitas awal setidaknya 30.000 barel per hari (bpd), demikian Press TV melaporkan.

Kementerian menambahkan, minyak itu pada akhirnya akan dikirim ke beberapa kilang minyak Iran untuk disuling. Minyak akan dimasukkan ke Kermanshah, Shazand, Teheran, dan Tabriz.

Kesepakatan pertukaran antara Iran dan Irak disetujui pada akhir tahun 2017. Irak akan mengirim 60.000 barel per hari (bpd) minyak mentah ke Iran. Irak akan menanggung semua biaya transportasi.

Iran akan mengirimkan olahan minyak dalam volume dan kualitas yang sama kepada klien di Irak melalui terminal Kharg di Teluk Persia.

Proyek ini diharapkan dapat menaikkan rute ekspor dari Kirkuk melalui Turki dan Mediterania. Ekspor melalui rute itu dihentikan tahun lalu menyusul meningkatnya ketegangan antara Baghdad dan Pemerintah Daerah Kurdistan yang menjadi tuan rumah saluran pipa ke Turki. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0