Iran-Rusia Sepakat Kembangkan Dua Ladang Minyak

Penandatanganan kesepakatan antara perusahaan Zarubezhneft dan Dana Energy di Teheran, Rabu, 14 Maret 2018. (Foto: dok. Press TV)

Teheran, MINA – Iran menandatangani kesepakatan multijutaan dolar dengan raksasa energi milik Rusia untuk mengembangkan dua ladang minyak di bagian barat negara tersebut, Rabu (14/3).

Kontrak senilai 742 juta dollar disepakati perusahaan Zarubezhneft Rusia dengan perusahaan swasta Iran Dana Energy, bertujuan meningkatkan produksi di ladang minyak Aban dan Paydar di Ilam, dekat dengan perbatasan Irak.

Ini akan membuat produksi meningkat dari 36.000 menjadi 48.000 barel minyak per hari, demikian Al Araby Al Jadeed melaporkan.

Zarubezhneft akan menyiapkan modal 80 persen, sementara Dana Energy akan menutup sisanya.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Namadar Zanganeh di Teheran mengatakan, peningkatan produksi dari kedua ladang tersebut akan membawa sekitar 4 miliar dolar ke Iran dalam beberapa tahun mendatang.

Kepala Perusahaan Minyak Nasional Iran Ali Kardor mengatakan, itu adalah kesepakatan pertama negara tersebut dengan sebuah perusahaan Rusia.

“Di bidang politik, hubungan dengan Rusia berada pada tingkat tertinggi, tapi di bidang ekonomi mereka belum mencapainya,” katanya. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.