Iran Serukan Pemerintah Afghanistan “Mencakup Semua Faksi”

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif pada Ahad (31/1) menyerukan pembentukan pemerintah Afghanistan yang “mencakup semua Faksi”, selama pertemuan dengan delegasi Taliban di Teheran, kata kementerian itu.

Sebuah delegasi dari gerakan yang dipimpin oleh salah satu pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, tiba di Iran pada hari Selasa (26/1) untuk bertukar “pandangan tentang proses perdamaian di Afghanistan” atas undangan kementerian, Nahar Net melaporkan.

Kunjungan itu dilakukan ketika negosiasi perdamaian antara pemerintah Afghanistan dan Taliban dilanjutkan pada awal Januari di ibu kota Qatar, Doha, yang dimaksudkan untuk mengakhiri konflik yang berlangsung selama dua dekade.

“Keputusan politik tidak bisa dibuat dalam ruang hampa,” kata Zarif kepada delegasi, menurut pernyataan Kementerian.

“Pembentukan pemerintahan yang serba inklusif harus dilakukan secara partisipatif dengan memperhatikan struktur fundamental, kelembagaan, dan undang-undang, seperti konstitusi,” tambahnya.

Dia juga menyambut baik gagasan pembentukan “pemerintahan yang inklusif dengan partisipasi semua kelompok etnis dan politik”.

Zarif mengungkapkan harapannya bahwa Taliban akan “memfokuskan upaya untuk segera mengakhiri penderitaan rakyat Afghanistan, sehingga pembentukan perdamaian di Afghanistan akan melucuti orang luar dari dalih pendudukan.” (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.