Iran Tuan Rumah Pertemuan Tingkat Tinggi Keamanan Regional

Teheran, MINA – mengadakan pertemuan tingkat tinggi pada hari Rabu (26/9) untuk membahas keamanan regional dan kerja sama melawan terorisme.

Pejabat tinggi dari Rusia, China, India dan Afghanistan menghadiri pertemuan bertema “Dialog untuk Keamanan Regional” di Teheran, demikian Anadolu melaporkan yang dikutip MINA.

Ali Shamkhani, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, menyambut Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev, Penasihat Keamanan Afghanistan Hamdullah Mohib, Perdana Menteri India Ajit Doval, dan Pejabat China Dan Ching Wi.

Dalam pidatonya Shamkhani mengatakan, ia menentang campur tangan asing di kawasan itu dan wilayah itu sendiri harus memberikan keamanan regional.

Patrushev mengatakan, kehadiran militer AS di Afghanistan belum berhasil membawa stabilitas dan telah memperdalam krisis keamanan.

Sementara Mohib mengatakan bahwa pertarungan efektif melawan kelompok-kelompok bersenjata di Afghanistan tidak mungkin selama mereka mendapat dukungan keuangan dan senjata dari luar negeri.

Perdana Menteri India berpendapat bahwa teroris yang memberdayakan diri mereka melalui perdagangan narkoba di Asia Tengah menunjukkan bahwa masalah ini harus ditanggapi dengan serius.

Pada gilirannya, pejabat China menyerukan upaya bersama untuk kerja sama dalam berbagi informasi dan membangun database tentang terorisme.

Wi mengatakan, China siap untuk memobilisasi Organisasi Kerja Sama Shanghai untuk kampanye antiteror.

Dalam deklarasi akhir pertemuan, campur tangan asing, perdagangan narkoba, dan terorisme digarisbawahi sebagai faktor yang mengancam perkembangan ekonomi dan sosial regional. Radikalisme dan kekerasan juga diidentifikasi sebagai sumber terorisme. (T/SR/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.