Iron Dome Israel Salah Tembak dan Reaksi

menembakkan rudal pencegat. (Gambar: YouTube)

Tel Aviv, MINA – Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel secara keliru bereaksi atas latihan Hamas di Jalur Gaza, sehingga menembakkan rentetan rudal pencegat ke langit kosong di atas Israel, Ahad malam (25/3).

Meski tidak ada serangan apa pun dari Gaza, peluncuran pencegat rudal yang salah bertanggung jawab atas gelombang bunyi sirene peringatan di wilayah selatan Hof Ashkelon dan Shaar Hanegev.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan, tidak ada roket yang ditembakkan ke Israel dan situasinya normal di sepanjang perbatasan Gaza, demikian Times of Israel melaporkan.

Sirene larut malam dan peluncuran Iron Dome diduga dipicu oleh latihan militer langsung Hamas di Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, IDF mengatakan, pihaknya “secara serius mempertimbangkan semua jenis tembakan yang ditujukan untuk wilayah Israel.”

Insiden ini menyoroti meningkatnya ketegangan di sepanjang perbatasan Gaza.

IDF mengatakan, militer akan menyelidiki alasan teknis mengapa Iron Dome dan sistem alarm salah bereaksi. IDF akan memastikan bahwa peristiwa semacam itu tidak terulang.

Video yang difilmkan oleh penduduk Israel selatan menunjukkan peluncuran beberapa rudal pencegat Iron Dome ke langit malam yang kosong. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)