ISEF ke-9 Hadirkan International Modest Fashion Festival 2022

(Foto: BI)

Jakarta, MINA – Bersamaan dengan seremoni pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) menyelenggarakan International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2022 pada 5-9 Oktober 2022 di Jakarta.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan IN2MOTIONFEST yang pertama, dengan mengusung tema “Local Product, Global Look”.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam sambutan pembukaannya, Kamis (6/10), menyatakan, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar dan keanekaragaman kain dari berbagai daerah, Indonesia memiliki modal yang besar dalam memenangkan kompetisi pasar modest fashion (busana yang sopan) baik di tingkat lokal maupun global.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat branding modest fashion Indonesia, melahirkan desainer dan brand yang dikenal dan berdaya saing global,” kata Perry.

Selain itu, meningkatkan kapasitas para pelaku usaha baik di tingkat nasional maupun internasional, dengan tetap mempertimbangkan aspek keberlanjutan dengan memperhatikan seluruh rantai pasok dan siklus garmen, mulai dari sumber bahan baku, teknik atau metode produksi, etika kerja, hingga pengelolaan limbah lingkungan.

Prinsip sustainable fashion sejalan dengan prinsip thayyiban (kebaikan) yang merupakan bagian dari konsep halal. Hal ini merupakan salah satu bentuk penguatan branding produk fesyen muslim Indonesia di pasar domestik dan global.

Perry juga menyampaikan tiga esensi utama dalam penyelenggaraan IN2MOTIONFEST 2022, Kamis (6/10). Pertama, pentingnya peran perempuan dalam memajukan UMKM, di mana dua pertiga UMKM digerakkan oleh kaum perempuan.

Memajukan modest fashion secara simultan juga memajukan ekonomi perempuan dan ekonomi keluarga untuk membentuk pemimpin-pemimpin Indonesia.

Kedua, IN2MOTIONFEST juga diharapkan akan menjadi “The Biggest International Modest Fashion Festival” yang sejajar dengan event fashion berskala internasional.

Hal ini dapat dilakukan antara lain melalui penguatan branding modest fashion Indonesia, melahirkan desainer dan brand yang dikenal serta berdaya saing global, serta meningkatkan kapasitas dan linkage antar pelaku usaha baik domestik dan global.

Ketiga, penyelenggaraan IN2MOTIONFEST akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang menjadi rangkaian perhelatan ISEF. Hal ini merupakan wujud komitmen untuk mengembangkan ekosistem modest fashion Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, juga menyampaikan IN2MOTIONFEST bertujuan untuk memperkuat brand Indonesia sebagai pusat modest fashion di kancah internasional.

Sehingga, setelah gelaran IN2MOTIONFEST 2022 ini, akan dilakulan peningkatan mutu agar ajang ini dapat menjadi gelaran tahunan yang membanggakan Indonesia.

Selain itu, dengan melibatkan ratusan designer dari dalam dan luar negeri, dengan penggunaan lebih dari 14 wastra nusantara, diharapkan ke depannya akan lebih banyak lagi stakeholder yang terlibat dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagi trendsetter industri modest fashion dunia.

Rangkaian Opening Ceremony IN2MOTIONFEST 2022 turut mempersembahkan parade karya kolaborasi desainer dan UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) dari sejumlah daerah, yaitu Tuty Adib & KPw BI Riau, Naniek Rachmat & KPw BI Sulawesi Tengah, Itang Yunasz & KPw BI Jawa Timur, Amy Atmanto & KPw BI Jawa Tengah, Meeta Fauzan & KPw BI Kalimantan Selatan, NURZAHRA & KPw BI Kalimantan Barat, TIRAZ by Novita Yunus & KPw BI Sulawesi Tenggara, Wignyo & KPw BI Tasikmalaya, Dian Pelangi & KPw BI Nusa Tenggara Barat, dan Nina Nugroho & KPw BI Cirebon.

Identitas lokal dari keragaman wastra serta kerajinan tangan dari masing-masing daerah tersebut dituangkan dalam bermacam gaya modest fashion dengan tampilan global untuk memperkuat Indonesia sebagai pusat inspirasi dan produksi fesyen muslim dunia.

Pada gelaran hari kedua ini ditampilkan pula busana muslim kategori ready to wear, deluxe, dan street wear dari KAYO by Fey Kayo, Hidahasan Indonesia, Halwa, Dhany Rose, dan Lita Berlianti. Kemudian koleksi kategori office wear dan cocktail wear dari Shafira, Mom Aiko Store, Ning Zulkarnain, Qonita Gholib, Paradise Batik, Nuniek Mawardi, Rahma Ika & Khansacha, Danita Homemade binaan Kemenparekraf, dan Hanny Lovelly binaan KUKM.

Menyoroti kreativitas produk mukena yang potensial untuk dipasarkan ke mancanegara, untuk pertama kalinya perhelatan ini mempersembahkan parade mukena dari sejumlah brand ternama nasional, di antaranya Buttonscarves, DIANRISTY, Dian Pelangi, Fenny Saptalia, Hannie Hananto, Irna Mutiara, kami., KHANAAN, KURSIEN KARZAI, L by Laudya Cynthia Bella, Meeta Fauzan, OPIE OVIE dan Alvari, Restu Anggraini, Rosie Rahmadi, Shafira, dan Sakinah by Thiffa Qaisty.

IN2MOTIONFEST 2022 menampilkan karya-karya desainer Indonesia melalui pameran dan fashion show. Kegiatan ini diikuti oleh 163 desainer fashion dan accessories, dengan 17 pagelaran fashion show yang menampilkan lebih dari 1.256 looks, dengan berbagai kategori produk diantaranya ready to wear, deluxe streetwear, office wear, cocktail wear, dan syar’i evening wear.

Produk-produk fesyen yang ditampilkan mengedepankan penggunaan wastra nusantara serta kain lokal. Penyelenggaraan IN2MOTIONFEST yang pertama ini merupakan suatu terobosan serta kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional untuk mendukung pencapaian visi Indonesia menjadi kiblat modest fashion dunia. (L/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)