Israel Akan Siarkan Sepak Bola Piala Dunia ke Negara-negara Arab Secara Gratis

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 antara Brasil dan Argentina. (Foto: dok. Eleven Sport Network)

Yerusalem, MINA – Kementerian Luar Negeri mengumumkan, Rabu (14/3), untuk pertama kalinya Israel akan menyiarkan Piala Dunia FIFA 2018 melalui satelit secara gratis ke negara-negara Arab di Timur Tengah.

Siaran itu nantinya lengkap dengan diskusi pra-pertandingan dan komentar langsung dalam bahasa Arab, demikian Times of Israel melaporkan.

Meskipun Mesir lolos ke turnamen Piala Dunia FIFA 2018, bersama dengan Maroko, Tunisia dan Arab Saudi, tapi negara-negara tersebut tidak membeli hak untuk menyiarkan pertandingan tersebut.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pemirsa harus membeli berlangganan jaringan Al-Jazeera yang berbasis di Qatar untuk menonton pertandingan langsung.

Tahun ini orang Mesir, Yordania dan yang lain di kawasan, akan dapat menonton transmisi satelit Arab secara gratis melalui penyiar nasional Israel, Kan.

Menurut situs berita Independent Mesir, Kan membeli hak tersebut seharga € 6,3 juta ($ 7,8 juta).

Ketika diumumkan di televisi Mesir, beberapa kritikus marah karena Israel akan menyiarkan kepada populasi Arab yang besar, dengan satu pembawa acara televisi.

Menurut mereka, itu menunjukkan bahwa Israel dapat menggunakan siaran tersebut untuk mengirim pesan lain ke negara-negara tersebut.

Namun, banyak penggemar sepak bola yang berharap bisa menonton pertandingan, meninggalkan pesan di media sosial yang memuji Israel terkait langkah itu.

Piala Dunia akan diselenggarakan di Rusia  pada 14 Juni – 15 Juli. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.