ISRAEL BATALKAN SERANGAN 2010 KARENA TAKUT TERHADAP IRAN

Israel Batal Serangan

Israel Batal Serangan

Tel Aviv, 21 Dzulhijjah 1433/ 6 Nopember 2012 (PressTV/MINA) – Sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa rencana Israel menyerang Iran pada 2010 lalu digagalkan karena Tel Aviv ragu akan kekuatan militer mereka.

Menurut sebuah laporan berita Minggu kemarin oleh jurnalis investigatif Ilana Dayan, pada 2010 lalu terjadi pertemuan antara PM Israel Benjamin Netanyahu, Menhan Ehud Barak dan sekelompok kecil jajaran kementrian. Perdana menteri meminta kepada militer Israel untuk segera mempersiapkan sebauh serangan ke fasilitas energi nuklir Iran.

Selama pertemuan tersebut, Netanyahu memerintahkan mantan kepala Pasukan Pertahanan Israel, Gabi Ashkenazi untuk membentuk sistem P-plus, yang berarti serangan tersebut akan segera dimulai.

Ashkenazi bersama Meir Dagan, Mantan Kepala Mossad, menganggap perintah Netanyahu sebagai langkah yang keliru serta beranggapan bahwa untuk menentukan serangan tersebut dibutuhkan konfirmasi dari seluruh jajaran kementrian Israel, bukan hanya sekelompok kecil saja. Menurutnya hal ini merupakan kesalahan strategis.

Dayan, yang membuat laporan dokumentaris tersebut mengatakan, Lembaga Sensor Israel melarang menyebutkan kapan pertemuan tersebut terjadi. Tel Aviv telah berkali-kali mengultimatum Iran akan menyerang menggunakan kekuatan militer jika mereka tidak menghentikan program pengayaan uraniumnya yang dicurigai Israel untuk membuat bom nuklir. Namun Teheran juga telah secara tegas menolak dugaan Israel tersebut.(J-001)

Comments: 0