Israel Bayar Kompensasi kepada Keluarga Warga Yordania yang Dibunuh

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sambut gembira kepulangan Ziv Moyal (baju putih), pembunuh warga Yordania. (Foto: Haim Zach/GPO)

Amman, MINA – Pemerintah Israel membayar kompensasi kepada keluarga dua warga Yordania yang ditembak mati oleh seorang petugas kedutaan Israel tahun lalu di Amman.

Para diplomat di Yordania mengatakan kepada surat kabar Al-Rai pada Sabtu (20/1), konpensasi sebesar US$ 5 juta itu juga diberikan kepada keluarga seorang hakim Yordania yang tewas dalam insiden 2014. Demikian Times of Israel memberitakannya yang dikutip MINA.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan hari Jumat, Israel telah membayar uang ganti rugi kepada pemerintah Yordania, tapi bukan kepada keluarga korban. Dia tidak mengatakan berapa bayarannya.

Namun, surat kabar itu melaporkan, jumlah tersebut akan ditransfer oleh pemimpin Yordania kepada keluarga korban.

Dia mengatakan, hubungan bilateral dengan Yordania sekarang kembali ke jalur semula.

Kantor Perdana Menteri mengkonfirmasi Kamis sebelumnya bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan Pemerintah Yordania mengenai dua kasus pembunuhan di tahun yang berbeda.

Dikatakan, kedutaan Israel di Amman yang ditutup setelah kejadian bulan Juli, akan “segera” dibuka kembali. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.