Israel Buka Kembali Perlintasan ke Gaza

Yerusalem, MINA – Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman pada Ahad (21/10) memerintahkan pembukaan kembali perlintasan Kerem Shalom dan Erez dengan Jalur Gaza.

“Keputusan itu muncul setelah penurunan jumlah peristiwa kekerasan di Gaza selama akhir pekan dan upaya Hamas untuk menahan demonstran,” kata Lieberman dalam sebuah pernyataan, demikian Anadolu melaporkan yang dikutip MINA.

Sebelumnya, Lieberman menutup dua perlintasan dan masuknya pengiriman bahan bakar yang didanai Qatar ke Gaza menyusul tembakan roket dari wilayah Palestina ke pemukim Israel beberapa hari yang lalu.

“Keputusan tentang pembaruan bahan bakar dari Qatar telah ditangguhkan untuk sementara waktu dan akan diperiksa dalam beberapa hari berdasarkan peristiwa,” katanya.

Lebih dari 200 warga Palestina gugur dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan tentara Israel dalam aksi Great March of Return di sepanjang zona perbatasan antara Gaza dan Israel.

Para pengunjuk rasa menuntut hak untuk kembali ke tanah mereka di Palestina yang historis, mereka diusir pada tahun 1948 untuk membuka jalan bagi negara baru Israel.

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 12 tahun Israel di Jalur Gaza, yang telah memusnahkan ekonomi daerah dan menghilangkan sekitar dua juta penduduknya dari banyak komoditas pokok. (T/ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)