ISRAEL KEMBALI LANGGAR GENCATAN SENJATA TANGKAP 5 NELAYAN GAZA

Nelayan yang sedang mencari ikan di pantai Gaza. foto : mirajnews.com
yang sedang mencari ikan di pantai . foto : mirajnews.com

Gaza, 27 Dzulqadah 1435/22 September 2014 (MINA) – Nizar Ayash, ketua persatuan nelayan di Jalur Gaza mengatakan, kembali melakukan palanggaran baru terhadap perjanjian , setelah menangkap lima nelayan Gaza di lepas pantai Gaza Senin (22/9) malam waktu Gaza.

“Israel menangkap lima nelayan setelah kapal mereka dikepung oleh tiga kapal perang angkatan laut Israel,” ujar Ayash dalam keterangan resminya.

Ayash menambahkan, para nelayan tidak melebihi jarak enam mil laut, batas yang telah disepakati dalam perjanjian senjata antara Israel dan Palestina.

“Para nelayan yang ditangkap tidak melebihi jarak enam mil pada saat melakukan pekerjaan mereka, karena mereka mengetahui jarak yang memungkinkan nelayan untuk melaut sesuai dengan kesepakatan perjanjian gencatan senjata pada tanggal 26 bulan yang lalu,” jelasnya.

Sebelumnya Israel telah menangkap enam nelayan Gaza selama dua pekan terakhir, selain itu mereka juga menembaki nelayan Gaza yang melaut di jarak enam mil laut masih di dalam batas perjanjian gencatan senjata.

Sebagaimana diketahui telah terjadi kesepakatan gencatan senjata pada 26 Agustus yang lalu setelah agresi Israel terhadap Gaza selama 51 hari. Salah satu poin kesepakatan adalah bertambahnya jarak nelayan untuk mencari ikan di laut Gaza, jika sebelumnya nelayan hanya boleh melaut sejauh tiga mil laut, namun dalam perjanjian tersebut nelayan boleh melaut sejauh enam mil dan akan bertambah hingga 12 mil laut hingga akhir tahun ini. (L/K01/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0