Israel Kembali Tangkap Dua Nelayan Palestina di Perairan Gaza

Nelayan, 29 Jumadil Akhir 1437/ 8 April 2016 (MINA) – Angkatan Laut Israel kembali menangkap dua , Kamis (7/4), yang diduga menuju luar zona perikanan lepas pantai Gaza dari sembilan mil laut yang ditunjuk.

Kapal Perang Israel menahan dua nelayan itu yang diidentifikasi bernama Iyad Allun dan Raed Abu Odeh, di lepas pantai Khan Younis, selatan Gaza.

“Mereka meninggalkan perahu yang ditumpanginya hanyut di laut sebelum ditarik kembali untuk digunakan nelayan lainnya,” kata Amjad Al-Sharafi seorang pejabat Serikat Nelayan Palestina kepada Ma’an yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pasukan pendudukan Israel secara teratur menahan nelayan Palestina di lepas pantai Gaza dengan mengklaim mereka melampaui zona perikanan yang ditunjuk baru-baru ini diperpanjang sekitar 6-9 mil laut.

Menurut Pusat Hak Asasi Manusia Palestina, pasukan pendudukan Israel menahan sedikitnya 71 nelayan dan menyita 22 kapal nelayan pada tahun 2015.

Pusat HAM itu mengatakan bahwa pasukan Angkatan Laut Israel juga menembaki nelayan Palestina sekitar 139 kali selama tahun ini, melukai 24 orang dan merusak 16 kapal nelayan.

“Serangan-serangan ini terjadi dalam waktu di mana nelayan tidak menimbulkan ancaman bagi pasukan Angkatan Laut Israel, karena mereka melakukan pekerjaan untuk melanjutkan hidup,” tambah pusat.(T/hna/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.