Israel Mulai Uji Coba Fase Kedua Vaksin Covid-19

Tel Aviv, MINA – Otoritas menyatakan pada Senin (14/12) bahwa pihaknya sedang memulai uji coba tahap kedua dengan 1.000 orang untuk diberikan .

Jika uji coba ini berhasil, vaksin Covid-19 siap disebarkan untuk masyarakat umum pada akhir musim panas mendatang.

“Selama tahap pertama, di mana vaksin yang dikembangkan oleh Institut Riset Biologi Israel diuji pada sekelompok berjumlah 80 orang. Tidak ada efek samping yang signifikan yang teridentifikasi,” kata pernyataan Kementerian Pertahanan Israel, yang mengawasi institut tersebut. MEMO melaporkannya.

Pernyataan Kementerian tidak memberikan rincian lain tentang hasil tersebut. Setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan untuk melanjutkan ujicoba tahap kedua yang akan dilakukan selama beberapa hari ke depan pada 1.000 relawan sehat berusia 18 tahun ke atas.

“Para ilmuwan bertujuan untuk menyelesaikan tindakan pencegahan keamanan vaksin, menentukan dosis efektif, dan lebih lanjut menentukan efektivitas vaksin,” kata kementerian tersebut.

Jika berhasil, kandidat vaksin akan memasuki uji coba ketiga dan terakhir dengan hingga 30.000 sukarelawan di Israel dan mungkin bagi orang Israel di luar negeri.(T/R4/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.