Israel “Negara” Pertama yang Lakukan Serangan Udara dengan F-35 Buatan AS

Tel Aviv, MINA – menjadi “negara” pertama yang menggunakan buatan Amerika Serikat (AS) dalam pertempuran, angkatan udara Israel mengumumkan pada Selasa (22/5).

“Kami menerbangkan F-35 di seluruh Timur Tengah dan telah menyerang dua kali di dua front yang berbeda,” kata Kepala Staf Angkatan Udara Israel Mayor Jenderal Amikam Norkin dalam pidatonya kepada 20 komandan angkatan udara asing di Israel.

Media lokal melaporkan, Norkin juga menampilkan foto F-35 Israel yang terbang di langit Beirut, Lebanon, demikian The New Arab melaporkan.

Norkin mengatakan bahwa pesawat tempur siluman itu terlibat dalam dua serangan udara sebelumnya di Suriah.

Israel adalah “negara” pertama di luar AS yang memperoleh F-35 setelah menerima dua pesawat pertama pada Desember 2016.

“F-35 akan menjadi elemen kunci dalam menjamin pertahanan Israel baik di sepanjang perbatasan kami maupun jauh darinya,” kata Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman tahun lalu.

Diproduksi oleh Lockheed Martin Corp, F-35 juga dikenal dengan nama Joint Strike Fighter. Di Israel dinamai dengan nama Ibrani “Adir” atau Mighty.

Israel telah melakukan sejumlah serangan udara di Suriah terhadap sasaran-sasaran yang diduga milik Iran dan pemindahan senjata ke Hizbullah di Lebanon.

Pasukan udara itu juga diyakini beroperasi melawan militan Mesir di Sinai dan penyelundup senjata Hamas di Sudan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0