Israel Perpanjang Blokade Zona Perikanan di Pantai Gaza

Israel Tembak Nelayan Palestina

, 25 JumadilAkhir 1437/ 4 April 2016 (MINA) – Menurut sumber-sumber lokal, kapal perang Angkatan Israel melakukan penembakan ke arah nelayan Palestina yang sedang berlayar di pusat Jalur Gaza, Ahad kemarin (3/4).

Tidak ada laporan yang mengatakan bahwa terdapat korban tewas serta luka-luka dalam kejadian itu, demikian laporan Kantor Berita Palestina WAFA yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Israel memutuskan untuk memperpanjang blokade zona perikanan di pantai Gaza, Ahad kemarin.

Sumber media mengatakan, “Israel memutuskan memperluas zona perikanan 6-9 mil di pinggir laut pantai, dari Wadi Gaza, pusat Jalur Gaza hingga ke perbatasan selatan Mesir.

Berdasarkan perjanjian genjatan senjata antara Israel dan Palestina, Tel Aviv setuju untuk segera memperluas zona perikanan di pantai Gaza, yang memungkinkan nelayan Palestina berlayar sejauh 6 mil dari pantai.

Perjanjian tersebut juga ditetapkan bahwa Israel akan memperluas daerah secara bertahap hingga 12 mil.

Selama dua tahun terakhir, pasukan Israel telah melakukan 150 serangan terhadap kapal Palestina dan menangkap hampir dua puluh nelayan serta menyita sembilan kapal.

Jalur Gaza telah berada di bawah blokade Israel sejak Juni 2007. Blokade telah menyebabkan penurunan satndar hidup serta tingkat pengangguran dan kemiskinan yang tak henti-hentinya. (T/anj/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)