Israel Protes, Walikota di Perancis Ganti Nama Jalan Hormati Palestina

Bezons, Perancis, MINA – Kelompok Prancis dan pejabat Israel melontarkan protes pada Selasa (12/6) setelah wali kota pinggiran kota Paris mengganti nama jalan untuk menghormati ribuan orang yang dipaksa meninggalkan rumah mereka selama pembentukan negara Israel pada tahun 1948.

Dominique Lesparre, Wali , dari Partai Komunis, pada Senin resmi mengganti nama jalan di dekat balai kota “Allee de la Nakba” (Nakba Lane) untuk memperingati Nakba, atau “malapetaka”, ketika lebih dari 760.000 orang Palestina diusir oleh pasukan Israel atau melarikan diri dari kekejaman Tel Aviv 70 tahun yang lalu.

Plakat dalam bahasa Perancis dan Arab berbunyi: “Untuk mengenang pengusiran 800.000 orang Palestina dan penghancuran 532 desa pada tahun 1948 oleh penjahat perang David Ben Gurion dalam pembentukan negara Israel,” merujuk pada perdana menteri pertama negara itu. Demikian Daily Sabah melaporkan.

Sumber-sumber polisi mengatakan kepada AFP bahwa plakat-plakat itu telah ditutup dengan grafiti pada Selasa pagi.

Kota itu kemudian menghapus plakat setelah permintaan oleh pejabat tinggi pemerintah untuk wilayah Val-d’Oise, yang mengatakan hal itu bisa “mengganggu ketertiban umum.”

Kelompok payung asosiasi Yahudi Perancis CRIF juga menuntut agar plakat-plakat itu diturunkan, dengan mengatakan itu “mendorong tindakan kekerasan anti-Semit saat ini dengan mencoba memberi mereka pembenaran historis.”

Dalam sebuah pernyataan, Duta Bbesar Israel untuk Perancis Aliza Bin-Noun menuduh wali kota Dominique Lesparre mendukung “terorisme Palestina dan menghasut kebencian”.

“Provokasi ini tidak dapat diterima mengingat bahwa Israel dan Perancis berbagi persahabatan yang kuat dan tulus, dikuatkan oleh nilai-nilai demokrasi bersama,” kata kedutaan. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

https://www.dailysabah.com/europe/2018/06/12/jewish-groups-protest-french-town-for-honoring-palestinians-with-street-name

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.