Israel Rencanakan Serangan Skala Besar ke Jalur Gaza

Tel-Aviv, MINA – Militer telah menyiapkan rencana untuk melancarkan invasi skala besar terhadap untuk menundukkan di wilayah itu, menurut laporan  situs berita Israel Ynet.

Koresponden veteran Ron Ben-Yishai, mengutip pernyataan para pejabat tinggi militer Israel yang tak disebutkan namanya menulis bahwa tentara Zionis sudah mempertimbangkan “langkah alternatif” untuk pemerintah Hamas di Gaza.

Menurut pernyataan itu, Israel akan menjalankan rencananya jika para pemimpin Hamas menolak bekerja sama dalam upaya  membentuk pengaturan keamanan   yang disetujui Israel di Gaza, Middle East Monitor (MEMO) melaporkan, Senin (25/6).

“Ada firasat di Komando Selatan (Tentara Israel) bahwa kali ini, IDF akan mampu menciptakan perubahan besar dalam situasi jika diperlukan untuk meluncurkan serangan total ke Gaza,” tulis Ben-Yishai.

Ben-Yishai mengungkapkan, rencana Israel akan difokuskan pada tiga hal. Pertama, memperketat perlindungan permukiman Israel di wilayah Negev. Kedua, melancarkan serangan sistemik dengan kekuatan penuh. Ketiga, melakukan manuver cepat ke Gaza dan menaklukkannya.

“Misi ofensif di Jalur Gaza akan dilakukan  oleh divisi IDF, yang —menurut rencana— akan memasuki Gaza dan membedahnya menjadi dua. Bahkan akan menempati tempat-tempat penting,” Ben-Yishai melanjutkan.

Menurut seorang ahli militer Israel, tujuan tentara Israel adalah untuk menjatuhkan psikologis orang-orang Hamas dan Palestina dan meminta mereka untuk melakukan gencatan senjata sesegera mungkin di awal pertempuran.

Israel juga dilaporkan akan berusaha mencegah keterlibatan mediator pihak ketiga. Hal itu memungkinkan Israel mendikte syarat-syarat untuk mengakhiri pertempuran dengan Hamas dan faksi Palestina lainnya. (T/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)