ISRAEL SERBU RUMAH KOMANDAN MUJAHID ISLAM DI JENIN

2013917858267580_20

, 17 Dzulqa’dah 1436/1 September 2015 (MINA) – Puluhan orang telah terluka dalam baku tembak antara pasukan Israel dan anggota Mujahid Islam di kota Jenin di bagian utara Tepi Barat, Senin malam.

Pertempuran pecah setelah belasan kendaraan militer Israel muncul di luar rumah kelompok komandan senior Mujahid Islam, Bassam al-Saeedi, di lingkungan kamp pengungsian al-Hadaf, Jenin, sumber mengatakan kepada Al Jazeera yang dikutip oleh Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Seorang pejabat keamanan mengatakan bahwa seorang pemimpin lokal dari Hamas, Majdi Abu al-Heija, anaknya, dan saudaranya ditangkap dalam serangan itu.

Tentara Israel mengepung rumah keluarga itu dan tiba saling baku tembak dengan dua orang pria yang melindungi mereka. Beberapa warga Palestina terluka dan dibawa ke rumah sakit, katanya.

Pasukan Israel kemudian menggunakan buldoser untuk menghancurkan bagian dari rumah warga Palestina itu.

Tentara juga mencoba untuk menangkap Mujahid Islam al-Saeedi tapi tidak bisa menemukan dia, katanya. Sumber itu berbicara secara anonim karena ia tidak diperbolehkan untuk menjelaskan kepada media.

Pasukan Israel menarik diri dari kamp setelah menghancurkan rumah al-Heija ini.

Sumber medis mengatakan bahwa mereka telah menangani 12 orang cidera, yang disebabkan oleh efek gas air mata.

Peter Lerner, juru bicara militer Israel, mengonfirmasi adanya “baku tembak” tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Kegubernuran Jenin

Jenin adalah salah satu kegubernuran di Tepi Barat di Teritori Palestina. Kegubernuran ini mencakup wilayah utara Tepi Barat, termasuk daerah sekitar kota Jenin.

Menurut Sensus Biro Pusat Statistik Palestina 2007, kegubernuran ini memiliki penduduk sebanyak  256.619 jiwa yang menetap di 47.437 rumah. Sebanyak 100.701 jiwa (atau 39%) berusia di bawah 15 tahun dan 80.263 jiwa (atau 31%) merupakan pengungsi.

Menurut Sensus Biro Pusat Statistik Palestina  sebelumnya tahun 1997, kegubernuran ini memiliki 195.074 jiwa penduduk.

Jenin adalah satu-satunya kegubernuran di Tepi Barat yang mayoritas daratannya berada dalam kekuasaan Otoritas Nasional Palestina. Empat permukiman lainnya dikuasai Israel. Kegubernuran ini dipimpin oleh Qadoura Mousa. (T/ima/P2)

Mi’raj Islamic News Agency

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0