Israel Siapkan Pertahanan Anti-Rudal di Tel Aviv

Tel Aviv, MINA – Tentara telah mengerahkan sistem pertahanan rudal -nya di wilayah Tel Aviv, Radio Israel melaporkan Kamis (24/1).

Menurut laporan radio itu, hal itu dilakukan, “karena mempertimbangkan akan terjadinya ketegangan di utara dan selatan” Tel Aviv, masing-masing dengan merujuk ke Suriah dan Jalur Gaza yang dipimpin  Hamas.

Sebelumnya langkah itu dilakukan sebab Palestina merencanakan akan mengadakan demonstrasi pada pekan ini di sepanjang zona penyangga Gaza-Israel, pasukan Israel akan merespon dengan kekuatan mematikan, Alray melaporkan dikutip MINA, Jumat (25/1).

Pengerahan perlindungan militer di sekitar Tel Aviv juga terjadi setelah beberapa serangan udara Israel baru-baru ini ke wilayah Suriah.

Iron Dome atau Kubah Besi merupakan sistem pertahanan udara yang dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems. Sistem ini dirancang untuk menghalau dan menghancurkan serangan roket jarak pendek dan roket artileri yang ditembakkan dari rentang jarak 4 kilometer hingga 70 kilometer yang dinilai membahayakan wilayah penduduk.

Pada kesempatan terpisah, Pemimpin Gerakan Perlawanan Islam Hamas, Hasan Yousef, meminta semua warga Palestina untuk memberikan dukungannya kepada para tahanan yang ada di dalam penjara Zionis untuk mendapatkan hak-hak mereka serta pengorbanannya, dan tidak membiarkan mereka sendirian menghadapi arogansi Zionis.

Dia juga mengimbau kepada bangsa Palestina di tingkat pemerintah maupun swasta untuk mengekspos pelanggaran-pelanggaran Zionis serta menyebarkan dokumen pelanggaran Israel terhadap hak asasi manusia internasional. Di samping memobilisasi opini publik untuk menekankan arogansi mereka. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)