Israel Usir Paksa Jamaah Palestina dari Al-Aqsa

Al-Quds, MINA – Pasukan menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Al-Quds (Yerusalem) pada Ahad (2/6) malam, dan mengusir puluhan jamaah Muslim keluar dari kompleks Al-Quds.

Saksi mata mengatakan kepada Ma’an News Agency yang dikutip MINA bahwa pasukan Israel dan polisi bersenjata lengkap menyerbu markas setelah berakhirnya sholat Tarawih Muslim dan memaksa puluhan jamaah yang tetap tinggal di Al-Aqsa keluar dari kompleks.

Sumber tersebut menambahkan, ini adalah keempat kalinya pasukan Israel menyerbu kompleks dan mengusir jamaah selama bulan suci Ramadhan.

Pada bulan suci Ramadhan biasanya sangat sulit bagi orang-orang Palestina terutama perempuan untuk mendapat
izin masuk, sementara ribuan orang yang mendapatkan izin masih menunggu lama di pos-pos pemeriksaan Israel.

Kompleks Masjid Al-Aqsa, terletak tepat di atas Tembok Barat, meliputi Dome of the Rock dan masjid Al-Aqsa. Juga menjadi situs ketiga paling suci umat Islam, dan dihormati sebagai tempat paling suci Yudaisme, karena diyakini di sana terletak Kuil orang-orang .

Sementara kunjungan Yahudi diizinkan ke kompleks itu, jamaah muslim dilarang masuki Al-Aqsha menurut perjanjian yang ditandatangani antara Israel dan pemerintah Yordania setelah pendudukan ilegal Israel atas Yerusalem Timur pada tahun 1967.

Terlepas dari kesepakatan dengan Yordania – yang merupakan penjaga Al-Aqsa – otoritas Israel secara teratur mengizinkan pengunjung Yahudi untuk memasuki situs tersebut, seringkali di bawah penjagaan bersenjata.

Kunjungan tersebut biasa dilakukan oleh sayap kanan Israel yang berusaha mengganggu ketenangan status quo situs tersebut, dan bertepatan dengan pembatasan akses warga Palestina. (T/R03/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.