ISRAEL-PALESTINA PERPANJANG GENCATAN SENJATA LIMA HARI

Delegasi Palestina di Kairo (Foto: middle-east-online)
Delegasi Palestina di Kairo (Foto: middle-east-online)

Kairo, 17 Syawal 1435/14 Agustus 2014 (MINA) – Palestina dan kembali menyetujui perpanjangan gencatan senjata selama lima hari ke depan untuk kembali melakukan negosiasi, sumber Palestina dan mengatakan pada Rabu malam waktu setempat.

“Kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata selama lima hari telah diterima oleh kedua belah pihak memungkinkan lebih banyak waktu untuk negosiasi,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Mesir sebagaimana dikutip harian Mesir Ahram dan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kepala negosiator Palestina Azzam al-Ahmad menegaskan gencatan senjata akan berlangsung selama lima hari, tidak seperti sebelumnya yang hanya 72 jam.

“Ada  beberapa poin kesepakatan tentang  mengakhiri pengepungan,” katanya tentang permintaan Palestina untuk mengakhiri blokade Israel delapan tahun terhadap . Para juru runding membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan beberapa perselisihan yang tersisa, tambahnya kepada wartawan.

Delegasi Palestina akan meninggalkan Kairo pada Kamis untuk berkonsultasi dengan  pemimpin mereka.   Sedangkan sumber-sumber  mengatakan kepada Ahram Online delegasi Israel meninggalkan Kairo jauh lebih awal yakni pada Rabu malam.

Al-Ahmad, seorang tokoh terkemuka Fatah, memperingatkan sebelumnya pada Rabu bahwa situasi sangat kritis karena pembicaraan tidak menghasilkan kata sepakat.

Delegasi  Palestina secara resmi menuntut penarikan mundur tentara Israel dari Gaza segera dalam kesepakatan itu, termasuk menghentikan serangan udara,  mengakhiri pengepungan Israel atas Gaza, dan melepaskan tahanan Palestina.

Serangan penjajah Israel  terhadap Gaza, yang dimulai pada 8 Juli, menyebabkan kematian lebih dari 1.930 orang Palestina dan  melukai lebih dari 10.000 orang. Sebanyak 64 tentara  dan 3 warga sipil Israel juga tewas. (T/P03/P01).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0