ISTRI PM ISRAEL DIPERIKSA POLISI DITUDUH MENYALAHGUNAAN DANA PUBLIK

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan istri, Sara (Foto Times of Israel)
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan istri, Sara (Foto: Times of Israel)

Tel Aviv, 21 Rabi’ul Awwal 1437/1 Januari 2015 (MINA) – Istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tiba di kantor polisi, Kamis (31/12) waktu setempat, untuk diinterogasi atas tuduhan menggunakan dana publik untuk pembelian dan perbaikan rumah pribadi mereka, lapor seorang wartawan foto.

Polisi memeriksa atas perintah Jaksa Agung sebagai bagian dari penyelidikan berbulan-bulan atas klaim bahwa keluarga Netanyahu telah menghabiskan dana publik itu untuk pembelian furnitur taman dan renovasi villa pribadi mereka di Kaisarea, The Express Tribune melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Jaksa Agung Yehuda Weinstein memerintahkan penyelidikan pada Juli lalu setelah adanya klaim dan laporan yang dibuat oleh Meni Naftali, bekas kepala pelayan perdana menteri.

Di antara tuduhan yang menjerat Sara adalah Ibu Negara tersebut mengirim atau mengalihkan furnitur taman yang dibeli untuk kediaman resmi perdana menteri di Jerusalem ke villa mereka di Kaisarea, sebuah kota di Israel yang terletak antara Tel Aviv dan Haifa.

Tuduhan lainnya adalah bahwa Sara mengatongi setidaknya US$1.000 dana publik antara 2009 dan 2013, uang yang seharusnya dikembalikan ke kas negara.

Pada 2013, Perdana Menteri Netanyahu mengganti sebesar US$1.000 tapi Naftali mengatakan angka tersebut seharusnya enam kali lebih besar.

Sejauh ini pihak keluarga Netanyahu telah menampik segala tuduhan yang beredar luas di media lokal terait skandal tersebut. (P022/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.