Jalani Puasa di Bulan Suci dengan Hati Bersih

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita MINA

Menjalankan ibadah pada bulan nan suci ini, marilah senantiasa kita iringi selalu dengan hati yang bersih.

Dengan hati yang bersih, berarti kita sudah siap menerima limpahan pahala, keberkahan dan kemuliaan dari Allah. Hati yang bersih sepanjang Ramadhan berarti bersih dari syirik kepada Allah, serta bersih dari penyakit-penyakit hati, seperti iri, dengki, dendam, kebencian, buruk sangka dan nafsu amarah.

Bersihnya hati kita, jiwa kita, ruh kita, akan berdampak pada raga kita, akan dengan lapang melaksanakan segala perintah Allah dan ringan mengerjakan ama-amal kebajikan terhadap sesama. Serta dijauhkan dari perbuatan dosa, kemaksiatan dan kemungkaran.

Surga tempat yang suci, pun hanya dapat dimasuki oleh mereka yang memiliki hati yang bersih ().

Allah mengingatkan kta di dalam ayat-Nya:

ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽู†ููŽุนู ู…ูŽุงู„ูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุจูŽู†ููˆู†ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุจูู‚ูŽู„ู’ุจู ุณูŽู„ููŠู…ู

Artinya: โ€œPada hari harta dan anak-anak tidak lagi berguna, kecuali orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.โ€ย (QS Asy-Syuโ€™ara/26: 88-89).

Hati yang bersih adalah hati yang merasa ridha dengan apa yang Allah ridhai. Allah ridha kita patuhi perintah-Nya, ya kita patuhi. Kalau kita senang baca Quran, tentu Allah ridha. Ya kita gemar baca Quran.

Hati yang bersih adalah hati yang merasa tidak suka dengan hal-hal yang tidak disukai Allah.

Kalau Allah tak suka kita berbuat maksiat, ya janganlah kita dekati. Kalau Allah tak senang kita makan harta haram dan riba. Maka janganlah kita kerjakan.

Kalau Allah saja Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun. Kok kita tidak mudah memaafkan. Itu berarti hati kita belum bersih.

Hati yang bersih adalah hati yang selalu menggerakkan pemiliknya untuk selalu berdzikir dan bergantung kepada Allah.

Di rumah, di masjid, di keramaian, di kesendirian, selalu ingat kepada Allah. Selesai shalat dzikir kepada Allah, pagi dan sore dzikir kepada Allah. Malam hari mau tidur, dan bangun tidur dzikir kepada Allah. Terlebih pada bulan suci Ramadhan, maka mari kita hiasi sebanyak mungkin waktu kita untuk dzikrullaah.

Mudah berdzikir, nikmat berdzikir. Menandakan hatinya bersih. Susah berdzikir, malas berdzikir, enggan berdzikir, itu menunjukkan masih ada bintik-bintik kotoran di dalam hati. Mungkin sebab maksiat, dosa, banyak hayalan, kecanduan keduniaan, lebih banyak musik yang memasukinya.

Inilah Ramadhan kesempatan terbaik bagi kita untuk memperbaiki hati kita seraya membersihkannya. Kalau tidak kita manfaatkan bulan suci nan berkah ini, mau sampai kapan lagi? Mau berapa Ramadhan lagi?

Begitulah puasa Ramadhan dapat menjadi perisai agar hati tetap terjaga kebersihannya dari unsur-unsur yang mengotorinya. Seperti disabdakan Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam :

ูˆูŽุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ุฌูู†ู‘ูŽุฉูŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุตูŽูˆู’ู…ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุฑู’ููุซู’ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุตู’ุฎูŽุจู’ ููŽุฅูู†ู’ ุณูŽุงุจู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุฃูŽูˆู’ ู‚ูŽุงุชูŽู„ูŽู‡ู ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุฅูู†ู‘ููŠ ุงู…ู’ุฑูุคูŒ ุตูŽุงุฆูู…ูŒ

Artinya: โ€œPuasa adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, maka ucapkanlah, โ€˜Aku sedang berpuasaโ€ (HR Bukhari dan Muslim).

Marilah kita perkuat upaya membersihkan hati kita dengan doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam berikut:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุนูŽุฌู’ุฒู ูˆูŽุงู„ูƒูŽุณูŽู„ู ุŒ ูˆุงู„ุจูุฎู’ู„ู ูˆุงู„ู‡ูŽุฑูŽู…ู ุŒ ูˆูŽุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู‚ูŽุจู’ุฑู ุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุขุชู ู†ูŽูู’ุณููŠ ุชูŽู‚ู’ูˆูŽุงู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฒูŽูƒูู‘ู‡ุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽู†ู’ ุฒูŽูƒูŽู‘ุงู‡ูŽุง ุŒ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ูˆูŽู„ููŠูู‘ู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูŽูˆู’ู„ุงูŽู‡ูŽุง ุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุนูู„ู’ู…ู ู„ุง ูŠูŽู†ู’ููŽุนูุ› ูˆูŽู…ูู†ู’ ู‚ูŽู„ู’ุจู ู„ุงูŽ ูŠูŽุฎู’ุดูŽุนู ุŒ ูˆูŽู…ูู†ู’ ู†ูŽูู’ุณู ู„ุงูŽ ุชูŽุดู’ุจูŽุนู ุ› ูˆูŽู…ูู†ู’ ุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ู„ุงูŽ ูŠูุณู’ุชูŽุฌูŽุงุจู ู„ูŽู‡ูŽุง

Artinya: โ€œYa Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, kekikiran, kepikunan, dan siksa kubur. Ya Allah, datangkanlah pada jiwaku ini ketakwaannya dan bersihkanlah ia. Engkaulah sebaik-baik yang dapat membersihkannya, Engkaulah Pelindungnya dan Rabbnya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuโ€™, nafsu yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak dikabulkan).โ€ (HR Muslim).

Semoga Ramadhan tahun ini dapat menjadikan hati kita hati yang bersih, sehingga mendapatkan ridha dan ampunan Allah. Aamiin. (A/RS2/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.