Jamaah Irak Tiba, Disambut Setangkai Bunga Mawar dan Air Zam Zam

Makkah, MINA – Gelombang pertama dari 650 dari tiba di Mekkah pada Ahad kemarin (29/7/2018).

Penyelenggara haji menyambut jamaah dengan memberikan setangkai bunga mawar dan air Zamzam.

Para jamaah menyatakan kebahagiaan atas sambutan hangat yang telah diberikan Kerajaan Saudi begitu mereka mendarat di tanah suci.

Sementara itu, para peziarah dari Yaman juga akan mulai tiba di Saudi pada kloter pertama Kamis (2/8/2018), kata pejabat, seperti disebutkan Saudi Gazette.

Menurut Duta Besar Saudi untuk Yaman Mohammed Al-Jaber, pihak berwenang telah menyelesaikan prosedur untuk memfasilitasi ziarah Haji dari 25.000 warga Yaman tahun ini.

Menteri Urusan Agama dan Wakaf Yaman Ahmed Attiya, mengatakan para peziarah dijemput dari seluruh bagian Yaman tanpa membedakan wilayah tempat tinggalnya di bawah kekuasaan siapa.

“Tahun ini, sekitar 25.000 peziarah Yaman akan datang dari semua wilayah Yaman, baik dari daerah di bawah pemerintahan sah maupun dari daerah di bawah kendali milisi Houthi,” kata Attiya.

Dia mengatakan, pemerintah Saudi akan menerima para peziarah melalui penyeberangan perbatasan Al-Wadeea, satu-satunya hubungan darat antara Yaman dan Kerajaan saat ini. Dia juga menambahkan bahwa semua pengaturan transportasi, kesehatan, perumahan dan visa untuk para peziarah telah selesai.
\

Attiya berterima kasih kepada pimpinan Arab Saudi, dan menyerukan para peziarah Yaman untuk meninggalkan semua perbedaan politik di luar perbatasan negara dan fokus pada ritual ibadah haji.

Presidensial Urusan Dua Masjid Suci telah membuka Gerbang Raja Abdulaziz dari Masjidil Haram untuk pertama kalinya setelah selesainya pekerjaan perluasan di bagian kompleks masjid tersebut. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)