Jamaah Mulai Bergerak ke Arafah untuk Jalani Puncak Ibadah Haji

Proses pemberangkatan jamaah Indonesia menuju Arafah. Foto: Kemenag

Makkah, MINA – Sekitar dua juta jamaah haji pada Rabu (30/8) pagi waktu Arab Saudi mulai diberangkatkan menuju Arafah untuk menjalankan puncak yakni Wukuf yang dilaksanakan pada Kamis (31/8).

Kesibukan di Kota Makkah semakin meningkat, terlihat ratusan bus lalu lalang memadati jalanan terutama yang merangarah ke Arafah. Titik kemacetan berada di terowongan Malik Fahd yang mengarah ke Arafah.

Jamaah haji Indonesia sudah mulai diberangkatkan sejak pukul 08.00 pagi, mereka berkumpul di lobi-lobi hotel menunggu bus jemputan. Pembrangkatan ke Arafah dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pagi (08.00 – 12.00), siang (12.00 – 16.00), dan petang (16.00 – 20.00).

Berdasarkan rilis pers yang disiarkan Kementerian Agama (Kemenag), pengecekan kesehatan oleh dokter bagi jamaah juga dilakukan. Mereka dihimbau untuk memakai masker dan kacamata sebab di Arafah cuaca cukup panas.

Jamaah juga diminta jangan terlalu banyak minum air karena ditakutkan akan banyak pipis di Arafah, meski di sana terdapat toilet. Oralit yang disediakan untuk jamaah juga diminta untuk diminum karena oralit bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. (R/R08/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.