Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Umumkan Gerhana Matahari Terjadi Kamis Ini

Tangerang, MINA – Amir Pusat Observasi Falak Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengumumkan akan terjadi pada Kamis 29 Robi’ul Akhir 1441 H bertepatan 26 Desember 2019 M, sebagaimana maklumat yang diterima Mina Ahad (22/12).

“Dengan kehendak Allah, dimulai pada pukul 10.22 WIB, puncaknya pukul 12.15 sesudah shalat zuhur dan berakhir pukul 14.13 WIB,” kata Ustaz Abu Muchtar Marsa’i yang bermarkas di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang, Banten.

Berdasarkan hadits Rasulullah SAW, Marsa’i menganjurkan umat Islam agar memperbanyak zikir, istigfar, takbir, sedekah dan amal saleh lainnya.

Umat Islam juga dianjurkan keluar menuju masjid untuk menunaikan salat gerhana berjamaah, termasuk para muslimah.

Menurut surat edaran yang dikeluarkan organisasi Persatuan Islam (Persis), gerhana matahari akan teramati di wilayah tujuh provinsi di Indonesia, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari, sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit bumi. (L/SK/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.