Jangan Biarkan Puasa Ramadhan Kita Menjadi Sia-Sia

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Miโ€™raj News Agency (MINA), Daโ€™i Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor

adalah ibadah yang bertumpu pada menahan diri. Yakni menahan diri dari makan, minum dan dari hal-hal yang membatalkannya. Lebih dari sekedar itu, puasa juga hakikatnya adalah menahan atau mengendalkan diri dari perkataan dusta, berlaku bodoh, atau dari berlaku maksiat.

Secara fisik mulutnya berpuasa dan dari makan dan minum. Namun hakikatnya secara maknawi lisannya pun ikut berpuasa dari menyakiti, menggunjing dan menipu orang lain.

Jika tidak seperti itu, maka kita akan sangat khawatir dari ancaman yang pernah disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam dalam sabdanya :

ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏูŽุนู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽ ุงู„ุฒู‘ููˆุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ูŽ ุจูู‡ู ููŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุญูŽุงุฌูŽุฉูŒ ูููŠ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฏูŽุนูŽ ุทูŽุนูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽุดูŽุฑูŽุงุจูŽู‡ู

Artinya: โ€œBarangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan mengerjakannya, serta berlaku bodoh, maka tidak ada keperluan bagi Allah terhadap meninggalkan makan dan minumnya (puasanya)โ€.ย  (H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Jadi, sepertinya memang Allah tidak butuh dengan orang seperti ini. Berpuasa tapi tidak berpuasa. Ia hanya akan mendapatkan haus dan lapar saja, tanpa menerima pahala dari keutamaan ibadah puasa itu sendiri. Sehingga Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam pun mengingatkan dalam sabdanya :

ูƒูŽู…ู’ ู…ูู†ู’ ุตูŽุงุฆูู…ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุตููŠูŽุงู…ูู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ุธู‘ูŽู…ูŽุฃู ูˆูŽูƒูŽู…ู’ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุงุฆูู…ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู‚ููŠูŽุงู…ูู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู‡ูŽุฑู

Artinya : โ€œBetapa banyak orang yang puasa, tidaklah memperolehย  apa-apa baginya dari puasanya selain lapar, dan betapa banyak orang yang mendirikan shalat, tidaklah memperoleh apa-apa baginya dari shalatnya kecuali lelahโ€. (H.R. Ad-Darimi dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Apalagi kalau sampai ia tidak berpuasa atau berbuka puasa padahal tidak ada udzur yang dibenarkan secara syarโ€™i. maka, itu sungguh sangat besar dosanya. Kalaulah saat berpuasa itu sangat haus karena terik matahari dan panasnya hawa udara. Ya, karena memang namanya puasa itu adalah menahan diri.

Jika kita berpuasa kok merasa lapar mungkin karena sahur sedikit. Ya, demikianlah nama saja puasa, menahan diri.

Dalam perkara ini Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam memperingatkan di dalam sabdanya :

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุฑูุฎู’ุตูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูŽุฑูŽุถู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ุถู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุตูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฏู‘ูŽู‡ู’ุฑู ูƒูู„ู‘ูู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽู‡ู

Artinya : โ€œBarangsiapa berbuka puasa pada bulan Ramadhan tanpa adanya keringanan dan tidak pula sakit, maka tidak dapat digantiย  shaumnya itu walaupun dengan puasa setahun terus-menerusโ€. (H.R. At-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyalllahu โ€˜Anhu).

Karena itu, Imam Al-Ghazali (wafat tahun 505 H.) dalam kitabnya Ihyaโ€™ Ulumuddin menguraikan tiga tingkatan orang-orang yang berpuasa, yaitu: puasanya orang biasa (umum), puasanya orang khusus dan puasanya orang yang sangat khususul khusus (istimewa).

Puasa biasa, maksudnya adalah hanya sekedar menahan diri terhadap makan, minum dan dari hal-hal yang membatalkannya.ย  Puasa khusus, maksudnya adalah puasa plus dengan menjaga telinga, mata, lidah, tangan serta kaki dan juga anggota badan lainnya dari berbuat dosa.

Sedangkan puasa istimewa, maksudnya adalah puasa khusus plus diikuti amaliyah hati dengan mencegahnya dari memikirkan perkara-perkara yang hina dan duniawi, yang ada hanyalah mengingat Allah.

Maka, jika ada ajakan berbuat kemungkaran serta kemaksiatan, ingatkan diri ini bahwa kita sedang berpuasa. Seperti diingatkan dalam sebuah hadits:

ูƒูู„ู‘ู ุนูŽู…ูŽู„ู ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ููŠ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฒููŠ ุจูู‡ู ูˆูŽุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ุฌูู†ู‘ูŽุฉูŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุตูŽูˆู’ู…ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽู„ุงูŽ ูŠูŽุฑู’ููุซู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุตู’ุฎูŽุจู’ ููŽุฅูู†ู’ ุณูŽุงุจู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุฃูŽูˆู’ ู‚ูŽุงุชูŽู„ูŽู‡ู ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุฅูู†ู‘ููŠ ุงู…ู’ุฑูุคูŒ ุตูŽุงุฆูู…ูŒ ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู†ูŽูู’ุณู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจููŠูŽุฏูู‡ู ู„ูŽุฎูู„ููˆูู ููŽู…ู ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุฃูŽุทู’ูŠูŽุจู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฑููŠุญู ุงู„ู’ู…ูุณู’ูƒู ู„ูู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ููŽุฑู’ุญูŽุชูŽุงู†ู ูŠูŽูู’ุฑูŽุญูู‡ูู…ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ููŽุฑูุญูŽ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู‚ููŠูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽู‡ู ููŽุฑูุญูŽ ุจูุตูŽูˆู’ู…ูู‡ู

Artinya : โ€œSetiap amal baik anak Adam baginya, kecuali puasa, maka sesungguhnya puasanya untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan puasa itu perisai, maka apabila seseorang di antara kalian shaum janganlah berkata-kata kotor dan dusta. Maka jika seseorang mencacinya atau mencelanya, maka hendaklah ia berkata : โ€˜Sesungguhnya aku diperintahkan puasa. Dan Dzat yang diri Muhammad di tangan-Nya, sesungguhnya bau orang yang puasa itu lebih harum di sisi Allah daripada baunya minyak wangi misik. Bagi orang yang puasa ada dua kebahagiaan, kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan dengan puasanya saat berjumpa dengan Tuhannyaโ€. (H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Karena itu, jangan biarkan puasa kita menjadi sia-sia dengan melakukan tindakan bodoh berupa perbuatan dosa, maksiat dan kemungkaran lainnya. Namun hendaklah selalu mengiringi puasa kita dengan perbuatan-perbuatan yang baik, seperti bertadarus Al-Quran, shalat tarawih, memperbanyak doa, memberi shadaqah, bersilaturrahim, mempererat ukhuwah, meminta dan memberi maaf, serta perbuatan maslahat lainnya. (A/RS2/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Comments: 0