JAWA BARAT BANGUN 20 MASJID RAYA SAMPAI 2018

Hadis/MINA
Asisten Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemrov. , . (Foto: Hadis/MINA)

Bogor, 27 Sya’ban 1436/14 Juni 2015 (MINA) – Asisten Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov. Jawa Barat, Ahmad Hadadi, mengungkapkan rencana  provinsi itu untuk membangun 20 yang targetnya terwujud pada 2018.

Hadadi menjelaskan kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), usai memberi sambutan di acara tabligh akbar JAMA’AH MUSLIMIN (HIZBULLAH) di Cileungsi, Kab. Bogor, Ahad (14/6), adapun masjid yang nantinya menjadi terbesar di Jawa Barat akan dibangun di  Bandung, dekat dengan Stadion Bandung Lautan Api.

“Yang kita rencanakan ada 20 titik, di bangun di jalan-jalan nasional atau jalan-jalan provinsi, sehingga fungsi masjid ini tidak hanya untuk ibadah, tapi ada fungsi pendidikan, fungsi budaya, fungsi ekonomi, dan fungsi wisata religi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pembangunan proyek besar itu dimulai tahun ini. Anggaran pembangunannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Proyek yang ide awalnya dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tersebut, anggaran pembangunannya ditaksir sekitar 15-20 milyar rupiah per masjid.

Saat ini, masjid terbesar di Indonesia adalah Masjid Istiqlal di Jakarta yang mampu menampung lebih 200.000 jamaah dan luas bangunan 7 ha.

Masjid terbesar berikutnya adalah Masjid Islamic Center Samarinda dengan luas bangunan utama 43.500 meter persegi dan bangunan penunjang seluas 7.115 meter persegi. (L/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0