Jeddah Selenggarakan Galeri Seni dan Fotografi Pertama di Saudi

Jeddah, MINA – Jeddah Athr Gallery menyelenggarakan edisi pertama pameran seni di yang dibuka pada Kamis malam (1/11).

Pentas seni menampilkan para seniman dan fotografer Saudi dan regional yang inspiratif dengan menampilkan karya kreatif terbaru mereka melalui narasi seni yang akrab, berkepribadian, dan kuat.

Sebuah ruang dan galeri seni kontemporer juga menyediakan tempat untuk dialog bersama seniman. Eye of Riyadh melaporkan Sabtu (3/11).

Panitia pelaksana menawarkan beberapa agenda eksperimen kreatif yang mencakup lokakarya, seni visual, dan teras presentasi di luar ruangan.

Pada pembukaan tampil artis dan fotografer Saudi seperti Tasneem Alsultan, Nasreen Shaikh Jamal Al-Lail, Moath Alofi dan Saad Tahaitah, serta fotografer UEA, Ammar Al Attar.

Acara ini diselenggarakan dalam kemitraan dengan Gulf Photo Plus (GPP), dan bagian dari program Musim Gugur Jameel.

GPP adalah organisasi fotografi terkenal yang berbasis di Dubai, sementara Photography Jameel menekankan pada pembelajaran sepanjang tahun dan pengembangan masyarakat melalui produksi lokakarya fotografi, dan acara seni.

Direktur GPP Lola Boatwright mengatakan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi visual di kalangan komunitas fotografi dan seni.

Tasneem Alsultan, seorang fotografer Saudi-Amerika, menampilkan karya-karyanya, terutama yang menyoroti isu-isu gender dan sosial di Arab Saudi.

Karya-karya fotografinya telah ditampilkan dalam publikasi seperti the New York Times Lens Blog.

Ia dalam beberapa tahun terakhir, dipilih oleh British Journal of Photography sebagai salah satu dari 16 fotografer yang layak untuk ditonton.

Nasreen Shaikh Jamal Al-Lail adalah seniman Saudi-Inggris yang tinggal di Inggris. Dia adalah pendiri dan direktur Variant Space, sebuah seni kolektif yang memfasilitasi ruang bagi wanita Muslim untuk mengekspresikan pengalaman mereka secara kreatif. (T/RS2/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)