Jelang Ramadhan, Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan BRP

Jakarta, MINA – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H, (DD) mengadakan pelatihan Bimbingan Rohani Pasien (BRP) bagi 50 mahasiswa di lingkungan Akademi Keperawatan (Akper) Berkala Widya Husada (BWH), Kamis (2/5), di Jakarta.

“Pemenuhan spiritual bagi seorang muslim menjadi kebutuhan dasar dan menjadi indikator manusia yang sehat secara utuh. Terlebih bagi para calon perawat yang nanti akan bertugas di rumah sakit dan berhadapan langsung dengan para pasien dengan notabene penyakit dan keluhan yang beraneka ragam,” kata Ema Khoirunisa, senior expert Sahabat Pasien DD.

Ema mengatakan, ini diharapkan bisa membekali para calon perawat saat nanti mereka menyelesaikan pendidikan dan bekerja di rumah sakit dalam menguatkan spiritualitas pasien yang mereka tangani, demikian rilis Dompet Dhuafa yang diterima MINA.

Peserta pelatihan bukan hanya para mahsiswa yang berasal dari  Akper Berkala Widya Husada saja, ada juga dari Akper Royhan dan Bina Husada.

Materi yang dibawakan pada pelatihan BRP kali ini mengenai Fikih Sakit dan Spiritual.

“Pengetahun tentang spiritual dan bagian yang harus dimiliki bagi seorang calon perawat dan juga Fikih Sakit sebagai ilmu terapan,” jelasnya.

Koordinator BRP Dompet Dhuafa, Ahmad Fitroh,  mengatakan, pelatihan menjadi sarana transfer knowledge bagi para mahasiswa, sehingga selepas menyelesaikan pendidikan bukan hanya mumpuni dalam ilmu kesehatan saja, namun ilmu bimbingan rohani mereka kuasai sebagai nilai tambah mereka.

“Dan berharap kedepannya mereka bisa menjadi relawan aktif di BRP Dompet Dhuafa,” imbuhnya.

Ahmad mengatakan, antusias para peserta dalam kegiatan pelatihan BRP ini, memberikan energi untuk saling berbagi dalam menyambut Ramadhan ini.

Salah satu peserta pelatihan membagi perasaanya setelah mengikuti pelatihan ini.

”Kegiatan ini sangat bagus buat kami selaku mahasiswa, mendapatkan wawasan baru dan semakin matang pemahaman praktek fikihnya,”ungkap Nifni Aulia, Mahasiswi Tingkat 2, asal Cileungsi, Bogor.

Sampai saat ini Dompet Dhuafa melalui program BRP dengan layanan bimbingan rohani reguler, Home Care, Training Islamic Spiritual, Sharing & problematika Solving dan SMS Tausiyah telah bermitra dengan Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP). (R/Gun)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.