Jepang Beri Bantuan Bagi Pengungsi di Sudan

(Foto: Japan Embassy)
(Foto: Japan Embassy)

Khartoum, 20 Jumadil Awwal 1437/29 Februari 2016 (MINA) – Pemerintah menyalurkan bantuan kemanusian untuk para pengungsi yang berada di melalui Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) sebesar 4,5 juta Dolar AS.

Bantuan kemanusiaan tersebut telah disalurkan sejak diumumkan Pemerintah Jepang Kamis (25/2) lalu untuk mendukung misi kemanusian bagi pengungsi di beberapa titik yang terkena Konflik di sekitar enam wilayah perbatasan dengan Sudan Selatan.

Duta Besar Jepang untuk Sudan, Hideki ITO, menegaskan secara historis Sudan menjadi salah satu tuan rumah terbesar bagi pengungsi dunia. “Saya senang atas bantuan kami kepada para pengungsi di samping menyediakan mereka beberapa keperluan lainnya melalui dana bantuan resmi dari Pemerintah Jepang yang dikelola PBB dalam hal ini UNHCR,” ujarnya.

Sebagaimana laporan Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Sudan, bantuan itu sebagai wujud Pemerintah Jepang dalam membantu dan memberikan dukungan untuk Pemerintah Sudan dalam menghadapi para pengungsi akibat terjadinya konflik di berbagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Sudan.

Dia menegaskan keyakinannya bahwa Sudan sangat memainkan peran positif dalam memajukan stabilitas keamanan di kawasan tersebut.

Sementara itu, pihak UNHCR mendukung upaya Pemerintah Sudan untuk memberikan perlindungan dan bantuan kepada pengungsi yang selama ini sangat membutuhkan, terutama di daerah konflik berbatasan dengan Sudan Selatan.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah dan rakyat Jepang atas dukungan yang kuat terhadap pengungsi yang ada di Sudan,” kata Mohammad Adrar, perwakilan UNHCR untuk Sudan.

Kontribusi Pemerintah Jepang akan dialokasikan terutama untuk mendukung UNHCR melakukan misi kemanusiaannya dalam memberikan bantuan untuk pengungsi terutama di Khartoum, Sudan Timur, dan Darfur.

Bantuan tersebut juga menjamin keberlanjutan layanan dasar untuk mendukung sekitar 90 ribu pengungsi dan masyarakat setempat terutama di Sudan Timur. Termasuk juga mendukung keperluan dasar masyarakat, terutama bidang kesehatan gizi, saluran air bersih, pendidikan, dan lain-lain.

Selain itu, pihak UNHCR akan menyediakan penampungan darurat untuk para Pengungsi, demikian laporan Media Online Sudan Tribune kemarin malam.(L/K06/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.