Jepang-Prancis Jalin Kerjasama Keamanan di Asia-Pasifik

(Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto: Twitter/@EmmanuelMacron)

Paris, MINA – Perdana Menteri Fumio Kishida, dan Presiden Emmanuel Macron pada Senin (9/1) menjanjikan lebih banyak kerja sama keamanan di Asia-Pasifik saat Kishida melakukan kunjungan pertamanya ke Prancis sejak menjabat.

Jepang memegang kursi kepresidenan Kelompok Tujuh (G7) negara industri tahun 2023, dan Kishida pada Senin memulai tur sesama anggota blok Prancis, Italia, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat.

“Prancis adalah mitra utama untuk mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Kishida dalam pernyataan pers bersama dengan Macron pada Senin (9/1) malam, CNA melaporkan.

PM Kishida mengatakan, dia menantikan lebih banyak kerja sama dengan Prancis di kawasan Asia-Pasifik.

“Ketika upaya sepihak untuk mengubah dengan paksa status quo di Laut China Timur dan Selatan semakin intensif dan lingkungan keamanan menjadi semakin tegang, kami ingin terus bekerja sama dengan Prancis,” katanya, menyinggung latihan militer bersama.

Pemerintah Jepang menyetujui perombakan kebijakan pertahanan besar-besaran bulan lalu, termasuk kenaikan belanja yang signifikan, dan memperingatkan China sebagai “tantangan strategis terbesar yang pernah ada” terhadap keamanannya.

Macron mengatakan, Prancis dan Jepang akan melanjutkan “aksi bersama mereka di Indo-Pasifik”. (T/R6/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)