Jika Haji 2020 Batal, Kemenag Kembalikan Biaya Pelunasan Haji

Jakarta, MINA – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama () RI, Nizar mengatakan sudah menyiapkan skenario pengembalian Pelunasan Ibadah Haji (BPIH) kepada calon jamaah jika haji 1441H/2020M dibatalkan.

Namun, Nizar menggarisbawahi, yang dikembalikan hanyalah biaya pelunasannya, bukan dana setoran awalnya. Kecuali kalau jamaah yang bersangkutan berniat membatalkan rencananya beribadah haji.

“Terkait haji reguler, ada dua opsi yang disiapkan. Pertama, dana dikembalikan kepada jamaah yang mengajukan,” kata Nizar seperti dikutip dari laman resmi Kemenag RI, Jumat (17/4).

Caranya, jamaah datang ke Kantor Kemenag (Kankemenag) Kabupaten/Kota untuk mengajukan pengembalian biaya pelunasan. Kankemenag akan melakukan input data pengajuan ke Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Selanjutnya, Subdit Pendaftaran verifikasi pengajuan dan menyetujui pengembalian biaya pelunasan. Dirjen PHU lalu mengajukan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) daftar jamaah yang meminta pengembalian. BPKH melakukan pengembalian dana ke rekening jemaah.

“Status di Siskohat bagi jemaah yang mengajukan pengembalian menjadi belum lunas. Tahun depan, harus kembali melunasi setelah Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) ditetapkan,” jelas Nizar.

“Bagi jamaah yang tidak menarik biaya pelunasannya, tercatat di Siskohat sebagai jemaah lunas tunda. Tahun depan, jika Bipih nya sama, tidak perlu lagi membayar pelunasan. Jika Bipih tahun depan lebih besar, jamaah hanya bayar selisihnya,” sambungnya.

Kedua, biaya pelunasan dikembalikan kepada semua jamaah, baik mengajukan ataupun tidak. Prosesnya, Ditjen PHU langsung mengajukan pengembalian biaya pelunasan semua jamaah ke BPKH, dan mengubah status jamaah di Siskohat menjadi belum lunas.

“Berdasarkan pengajuan Ditjen PHU, BPKH melakukan pengembalian biaya pelunasan ke rekening jamaah,” tutur Nizar.

Untuk haji khusus, kata Nizar, Ditjen PHU cenderung pada opsi pertama, yaitu: adanya pengajuan pengembalian dari jamaah.

Prosesnya, jamaah yang akan meminta pengembalian Bipih pelunasan, membuat surat ke  Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dengan menyertakan nomor rekeningnya. PIHK lalu membuat surat pengantar pengajuan pengembalian Bipih pelunasan ke Kemenag berikut nomor rekening jamaah yang menjadi tujuan transfer. Lalu, Kemenag mengajukan surat pengantar pengembalian Bipih pelunasan ke BPKH. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)