JK Apresiasi Perkembangan Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Myanmar

Wapres Jusuf Kalla (Foto: ANTARA)

Jakarta, MINA – Wapres Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi langkah Lembaga Kemanusiaan Medical Emergency Rescue – Committe () dan Palang Merah Indonesia (PMI) yang menginisiasi pembangunan rumah sakit di Rakhine State, Myanmar.

Hal itu disampaikan oleh Pimpinan Proyek (Pimpro) pembangunan rumah sakit tersebut, Dr. Sarbini Abdul Murad usai bertemu dengan untuk melaporkan perkembangan situasi terkini pembangunan rumah sakit di Myanmar.

“Alhamdulillah, pembangunan sudah mencapai 10 persen. Wapres sangat mengapresiasi, juga mendukung penuh pembangunan itu,” kata Dr. Sarbini kepada MINA (Mi’raj News Agency) di Jakarta, Rabu (26/7).

Pertemuan dengan Wapres, kata Anggota Presidium MER-C itu, adalah untuk melaporkan kepada pemerintah terkait perkembangan dari pembangunan (RSI) di Rakhine State, Myanmar. “Kita selalu laporkan perkembangan terkini kepada pemerintah,” katanya.

Lebih jauh, ia menuturkan bahwa rencananya rumah sakit itu akan rampung pada awal tahun 2018 dengan menghabiskan dana sekitar Rp 24 Milyar.

“Pembangunan rumah sakit ini ada dua tahap. Tahap pertama pembangunan fisik rumah sakit kira-kira 1 sampai 2 bulan, dan tahap kedua pengadaan alat medis. Total menghabiskan dana sekitar 24 Milyar. Dari besarnya dana itu, Walubi (Perwakilan Umat Budha Indonesia) memberikan bantuan satu juta dolar (Kurs, 1 : 13.321.75),” ujarnya.

Sementara pada pertemuan bulan Maret lalu dengan Presidium MER-C, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) A.M. Fachir menuturkan bahwa launching rumah sakit tersebut rencananya akan diselenggarakan di Gedung Kementerian Luar Negeri RI.

“Program ini merupakan murni bantuan yang bersifat kemanusiaan, sehingga persepsi yang harus dibangun sejak awal adalah persepsi kemanusiaan,” katanya saat itu.

Proyek ini adalah kerja sama MER-C dan Palang Merah Indonesia (PMI) yang didukung pemerintah di Jakarta. (L/R06/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.