JK Dinobatkan Sebagai ‘Bapak Inspirasi Perdamaian Dunia Bagi Pemuda Indonesia’

Jakarta, MINA –Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dinilai memiliki peran penting dalam perdamaian di beberapa daerah di Indonesia seperti Poso dan Aceh, maupun luar negeri.

Atas kontribusi dalam perdamaian  itu, Indonesia Youth Forum menobatkan dengan memberikan piagam “Bapak Inspirasi Perdamaian Dunia Bagi Pemuda Indonesia” kepada di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (11/10).

Sebelum penobatan itu, di hadapan para penulis muda buku Celebrating Peacemaking, JK memberikan penghargaan kepada tiga penulis muda terbaik, yaitu Fransiska Andita, Cecep Hermawan, dan Marvento F. Laurens.

JK berpesan, konflik harus dilakukan dengan jiwa yang berani, ikhlas, netral, serta memiliki wawasan untuk mengetahui akar masalah.

“Semua keputusan dalam menciptakan perdamaian ada risikonya. Namun, kita tetap harus berani menentukan solusi yang menguntungkan semua pihak. Kita juga harus menjaga harga diri semua pihak yang berkonflik,” kata JK.

Selanjutnya, JK juga berpesan agar semua benar-benar menjaga sikap positif terhadap segala permasalahan.

“Baca buku dan referensi sebanyak mungkin dan cari tahu akar masalahnya, maka kita dapat bersikap netral dan mengambil tindakan tepat dalam menyelesaikan suatu konflik,” pesan Wapres.

Terkait penobatan JK sebagai Bapak Inspirasi Perdamaian, Dewan Jenggala Center Ibnu Munzir mengatakan bahwa Wapres memiliki peran penting dalam perdamaian di beberapa daerah seperti Poso dan Aceh, juga di luar negeri, antaranya Pilipina, Myanmar, dan Afghanistan.

“Wakil Presiden Republik Indonesia (JK) adalah seorang pendamai, atau tepat kita katakan figur di dalam mendamaikan berbagai konflik,” kata Ibnu. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.