JOKOWI: INDONESIA TERUS DUKUNG KEMERDEKAAN PALESTINA

Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato pada Sidang Paripurna MPR-RI, di Jakarta, Jumat (14/8) pagi.(Foto: Setkab.go.id)
Presiden saat menyampaikan pidato pada Sidang Paripurna MPR-RI, di Jakarta, Jumat (14/8) pagi.(Foto: Setkab.go.id)

Jakarta, 29 Syawwal 1436/14 Agustus 2015 (MINA) – Presiden menyatakan, terus mendukung dari penjajahan dan kedzaliman, serta  menyerukan agar saudara-saudara Muslim di Timur Tengah meletakkan senjata dan berdamai demi kepentingan ukhuwah Islamiyah.

Dia juga mengatakan, Indonesia akan terus mengirimkan pasukan perdamaian ke berbagai belahan dunia, menjadi penengah konflik, memberikan kepemimpinan dalam pembuatan norma-norma regional dan global.

“Indonesia ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” kata Jokowi dalam pidatonya di hadapan Sidang Paripurna MPR-RI, Jumat (14/8) pagi.

Selain itu, lanjut Jokowi, Indonesia akan terus berkontribusi dan berperan dalam menciptakan keamanan di Asia Tenggara, serta memberikan kepemimpinan di Samudra Hindia, di mana Indonesia akan menjadi pemimpin Indian Ocean Rim Association pada 2015-2017.

Jokowi menyatakan, dalam memperkuat keamanan, pemerintah juga akan membangun kekuatan pertahanan Negara yang tangguh dengan memberdayakan alutsista produksi dalam negeri.

Menurutnya, Indonesia harus memiliki kekuatan pertahanan Negara yang tidak hanya sebatas kekuatan esensial minimum, namun kekuatan yang mampu mengamankan dan menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta melindungi sekitar 250 juta warganya.

“Kekuatan pertahanan yang kita bangun itu harus tetap menjunjung tinggi karakter negara dan bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang cinta damai,” tegas Jokowi.

Sidang paripurna MPR-RI itu juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Presiden BJ. Habibie, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, mantan Wakil Presiden Hamzah Haz, mantan Wakil Presiden Boediono, para pimpinan lembaga negara, para menteri Kabinet Kerja, serta para kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, perwakilan-perwakilan negara sahabat dll.(T/R05/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0