JOKOWI: MUI SEBAGAI MUARA ISLAM NUSANTARA DAN BERKEMAJUAN

Presiden Republika Indonesia,  Joko Widodo Buka acara Munas MUI di Surabaya (Foto; MUI)
Presiden Republika Indonesia, Joko Widodo Buka acara di Surabaya (Foto; MUI)

Surabaya, 10 Dzulqa’dah 1436/25 Agustus 2015 (MINA) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengibaratkan tema Musyawarah Nasional (Munas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-IX di Surabaya sebagai pertemuan dua arus sungai besar di Indonesia yakni dan .

“Tema Islam Wasathiyyah ibarat muara yang menjadi pertemuan banyak sungai besar. Terutama dua sungai besar yang menghidupi bangsa Indonesia yakni Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan,” kata Presiden Jokowi saat membuka Munas IX MUI di Surabaya, Selasa (25/8/2015).

Menurut Jokowi, sungai-sungai itu bertujuan untuk menjadikan Islam yang ramahatan lil ‘alamin. demikian laporan situs MUI diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Presiden menyebut MUI sebagai wadah dari beragam umat Islam yang majemuk. Dengan kemajemukkan itu, membuat agama Islam dapat berdialog dengan satu dan yang lain. kata Presiden Jokowi saat membuka Munas IX MUI di Surabaya, Selasa (25/8/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut MUI sebagai ‘Pelopor Umatan Tengahan’. “Saya tidak begitu paham dengan umatan tengahan. Namun, MUI harus menjadi pelopor umat Islam yang moderat, toleran, inklusif, rukun dan damai,” ujarnya.

Ia berharap, MUI dapat menjaga umat Islam berada di tengah jalan yang lurus. Sehingga umat Islam di Indonesia tidak menjadi Islam yang ekstrem. “MUI mampu menjadi tenda besar bagi umat Islam,” kata Jokowi.

Surabaya kini menjadi ruan rumah penyelenggaraan Munas MUI   . Sekitar 550 ulama dari seluruh Indonesia berkumpul di kota Pahlawan ini. (T/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0