JOSERIZAL: KERUKUNAN TERLIHAT DI KOTA YANGON MYANMAR

Tim MER-C dan Dubes RI untuk Myanmar Ito Sumardi (keempat dari kanan) foto bersama Gubernur Rakhine State dan jajarannya, Kamis 27 Agustus 2015 . (Foto: MER-C)
Tim MER-C dan Dubes RI untuk Ito Sumardi (keempat dari kanan) foto bersama Gubernur Rakhine State dan jajarannya, Kamis 27 Agustus 2015 . (Foto: MER-C)

Jakarta, 15 Dzul Qa’dah 1436/30 Agustus 2015 (MINA) – Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), mengatakan, dia melihat ada kerukunan yang tercipta di kota Yangon, kota terbesar di Myanmar.

Joserizal menceritakan, sekembalinya dari Rakhine State, saat berada di Yangon waktu malam, ia keliling dan melihat banyak  sekali masjid. Bahkan azan boleh kumandangkan dengan keras-keras.

“Saya menyaksikan banyak masjid, ada gereja Katolik dan juga gereja Armenia,” kata Joserizal kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Bandara Soekarrno Hatta Ahad (30/8) sore, sepulang melakukan kunjungan ke Myanmar.

Selain itu, lanjut Joserizal, pihaknya juga melihat ada Pagoda. “Mereka semua hidup rukun dan beragam,” katanya.

Aktivis kemanusiaan yang sering turun ke daerah konflik sebagai dokter spesialis bedah tulang ini mengharapkan, agar di Myanmar warga mayoritas dapat melindungi minoritas dan minoritas menghormati mayoritas.

Dalam kunjungannya ke Myanmar, dia bersama tim membawa bantuan rakyat Indonesia untuk warga di Rakhine State yang kental dengan isu etnisnya. Meski demikian, lembaga medis ini bisa diterima oleh pemerintah setempat karena dipandang profesional dan netral dalam mengemban misi kemanusiaan.

Bahkan Gubernur Rakhine State memberikan lokasi strategis bagi MER-C untuk mendirikan pusat kesehatan yaitu Indonesia Health Centre (IHC).

Gubernur U Maung Maung Ohn yang mengundurkan diri pada Jumat lalu sebagai gubernur, merekomendasikan sebuah lokasi di Mrauk-U, yang nantinya para relawan medis asal Indonesia bisa menjangkau komunitas Budha dan Muslim di daerah itu. (L/P010/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0