JUMLAH KORBAN JAMAAH HAJI DALAM MUSIBAH MINA CAPAI 769

Ibadah haji. (Foto: AA)
Ibadah . (Foto: AA)

Makkah, 14 Dzulhijjah 1436/28 September (MINA) – Jumlah di Mina meningkat menjadi 769 orang, demikian Pemerintah Arab Saudi melaporkan.

Pihaknya pada Sabtu membenarkan insiden itu sebagai bencana Haji terburuk dalam 25 tahun terakhir, demikian Middle East Monitor (MEMO) melaporkan sebagaimana dikutip Miraj Islamaic News Agency (MINA), Senin (28/9).

Dalam sebuah konferensi pers, Menteri Kesehatan Saudi Khalid bin Abdul-Aziz al-Falih mengatakan saat ini ada 934 jamaah terluka dalam insiden itu.

Al-Falih mengatakan Arab Saudi mengerahkan semua tim kesehatan dan pertahanan sipilnya, menambahkan sekitar 25.000 petugas kesehatan melayani semua jamaah yang diperkirakan dua juta jamaah pada puncak haji tahun ini.

Dia mengatakan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz telah memerintahkan penyelidikan penuh atas insiden itu, yang hasilnya akan diumumkan dengan media.

Sebelumnya, Direktorat Urusan Agama Turki mengatakan 753 orang tewas dalam insiden tersebut dan 887 lainnya luka-luka.

Peristiwa di Mina itu terjadi di Jalan Arab 204 yang bukan merupakan jalur yang biasa dilalui jamaah haji Indonesia pada Kamis (24/9), sekitar pukul 07.30 WAS. Saat itu, jamaah hendak melaksanakan ibadah melontar jumrah. (T/P004/R05)

 

Miraj Islamaic News Agency (MINA)

Comments: 0